MENU
icon label
image label
blacklogo

Rahasia Mencegah Kebakaran Pada Mobil Listrik

OCT 26, 2021@19:00 WIB | 96 Views

Penarikan kembali Chevy Bolt yang sedang berlangsung menyoroti salah satu kekhawatiran utama tentang masa depan all electric yang tak terhindarkan.

The Detroit Free Press baru-baru ini menggali sedikit lebih dalam masalah ini, dan mungkin ada solusinya. Pertama, penjelasan umum mengapa kebakaran EV sangat berbahaya. Baterai lithium-ion membakar lebih panas dan lebih lama dari api gas sederhana. Jika satu baterai tidak berfungsi, itu dapat menyebabkan pelarian termal, yang pada dasarnya adalah satu baterai memicu baterai berikutnya secara berurutan. Saat reaksi berantai ini berlanjut, suhu api meningkat. Proses ini bisa berlangsung berjam-jam, tidak seperti mobil bensin yang menyala dan terbakar sampai tidak ada yang tersisa.

Api gas juga mudah dikalahkan oleh air. Awal tahun ini, dilaporkan petugas pemadam kebakaran berjuang selama tiga jam untuk memadamkan Tesla Model S Plaid yang terbakar saat menggunakan dua truk pemadam kebakaran. Berkat serentetan kebakaran EV, pabrikan, secara umum, sudah mulai mengambil tindakan.

"Ada banyak masalah yang datang dengan kebakaran mobil listrik. Pada mesin pembakaran dalam, kebakaran tersebut tidak disebabkan oleh bensin. Biasanya disebabkan oleh korsleting listrik yang memanas, melelehkan sesuatu, dan memicu kebakaran. Tetapi dalam kendaraan listrik, logam tersebut memiliki 'pelarian termal', mereka terbakar dan menyebar melalui tray baterai dengan cepat," jelas Kepala Batalion Michael Magda dari Departemen Pemadam Kebakaran Livonia.

Pemerintah China menerapkan langkah-langkah ekstrem untuk memastikan keselamatan penghuni. Pabrikan diharuskan untuk merekayasa failsafe yang memastikan paket baterai tidak akan terbakar lima menit setelah dikompromikan. Karena China adalah konsumen EV terbesar, peraturan ketat ini berdampak pada setiap produsen EV yang ada, termasuk Tesla, Mercedes-Benz, dan Audi.

Baca juga: Ken Block Bergabung dengan Audi Untuk Proyek Mobil Listrik

Anehnya, jawaban atas masalah global ini dapat ditemukan di Wixom, Michigan. Perusahaan tersebut bernama Munro & Associates, dan bekerja sama dengan konglomerat internasional bernama SABIC dalam proyek ini.

Solusinya elegan dalam kesederhanaannya. Itu hanya sepotong plastik dengan toleransi yang sangat tinggi terhadap panas. Saat ini, aluminium adalah yang paling umum digunakan untuk menampung kemasan baterai karena kekuatannya dan bobotnya yang rendah. Sayangnya, aluminium adalah konduktor, yang mempercepat proses pembakaran cukup cepat. Modul baterai juga tidak memiliki masalah terbakar melalui aluminium.

Tray plastik yang dirancang oleh Munro & Associates sebelumnya dikenal sebagai GE Plastics yang dapat bertahan pada suhu 1.832 derajat Fahrenheit selama 30 menit. Jadi tidak perlu heran, mengingat tim insinyur terdiri dari orang-orang yang sebelumnya dipekerjakan oleh NASA, Departemen Energi, EPA, dan Departemen Pertahanan.

"Orang akan berpikir termoplastik terbakar seperti lilin atau meleleh, tetapi kami telah mengembangkan termoplastik baru yang tidak terbakar, tidak meleleh, dan dapat padam sendiri. Ahli kimia kami telah mengembangkan formulasi unik yang tidak berkompromi dengan kekuatan, keandalan, atau keamanan," papar Dave Sullivan, pengembang pasar elektrifikasi dan teknik di SABIC.

Baca juga: Mobil Listrik Sporty Ala VW Bakal Diluncurkan Bulan Depan, Begini Penampakannya

Sullivan menambahkan, SABIC sudah memiliki tim otomotif yang berdedikasi, sudah bekerja dengan insinyur dari Detroit, Cina, Prancis, Korea, Jepang, dan Jerman. "Peraturan baru di China benar-benar melemparkan bola kurva ke industri. Ketika ini diperkenalkan oleh pemerintah China, tidak ada bahan untuk menyampaikan apa yang diperlukan oleh peraturan," pungkas Sullivan.

Tidak mengherankan jika grup tersebut sudah melakukan pembicaraan dengan produsen dalam dan luar negeri, mengingat seberapa besar bisnis mobil di China.[ibd/timBX]

Tags :

#
mobil listrik,
#
kebakaran pada mobil listrik,
#
mencegah kebakaran pada mobil listrik,
#
tips mencegah kebakaran pada mobil listrik