MENU
icon label
image label
blacklogo

Pro Active Wiper Bekerja Lebih Cepat daripada Rain Sensor

FEB 16, 2017@20:00 WIB | 258 Views

Masalah sering muncul ketika musim hujan salah satunya ada genangan air, yang percikannya setiap saat dapat mengotori windshield  mobil Anda.  Dalam sekejap pandangan Anda akan terganggu, jari Anda secara cepat menekan tombol wiper agar bekerja secara maksimum mengatasi masalah. Bagaimana jika anda telat menekan wiper dan sedangkan mobil anda dalam kecepatan tinggi?

Sebuah teknologi baru bekerja secara cepat mengatasi masalah tersebut. Semcon dari Swedia, telah menciptakan Pro Active Wiper (PAW), sistem ini bekerja seperti sebuah program computer yang dapat dipasangkan pada kendaraan baru, hebatnya tidak perlu upgrade hardware lagi. Sensor ini bekerja menggunakan kamera depan, sebagai radar dan sensor hujan.

Kamera depan dapat menginformasikan truk-truk besar yang mendekat. Radar bekerja mendeteksi seberapa jauh truk, seberapa cepat jarak antara mobil dengan truk sehingga pengemudi mempunyai kesempatan untuk prepare. Sedangkan sensor menjelaskan kondisi jalanan yang basah, dan menginformasikan kemungkinan terjadi percikan.

Software akan menginformasikan bahwa bakal terjadi percikan air sudah dekat, maka wiper otomatis bekerja secara maksimum. Hebatnya, wiper bekerja sebelum air menerjang windshield. Sebaliknya rain sensor bawaan pabrik hanya mengaktifkan wiper setelah air hujan mengenai windshield.

Pihak Semcon telah menguji PAW dalam kondisi real driving conditions, dan teknologi telah disempurnakan. Semcon berharap versi pasar akan siap diedarkan dalam waktu satu tahun, sampai saat ini belum dikabarkan rencana harga yang akan ditawarkan.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
pro active wiper,
#
wiper