MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Sedang Ajukan Hak Paten Airbag di Pilar A

MAY 04, 2017@08:00 WIB | 139 Views

Airbag atau kantung udara sejatinya untuk mencegah pengendara jika terjadi tabrakan keras. Hal inilah yang di perhatikan oleh produsen mobil premium, salah satunya Porsche. Dikabarkan produsen asal Jerman itu mematenkan penggunaan airbag pada pilar A mobil convertible atau atap yang dapat dibuka.

Airbag pada pilar A penting untuk menghindari benturan langsung kepala penumpang dengan tiang mobil tersebut saat terjadi kecelakaan. Menurut Porsche, perangkat tersebut dapat melindungi pengguna terhadap kecelakaan yang fatal.

Biasanya pada mobil beratap, airbag diletakan di atap sebelah kiri untuk menghindari dampak buruk dari benturan samping. Sementara untuk menghindari cedera serius pada kepada akibat tabrakan depan , airbag di dashbord dapat melindungi.

Airbag yang berada dipilar A Porsche ini diyakini akan jauh lebih baik, karena Porsche sudah melakukan uji tabrak yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Hasil evaluasi ujitabrak menyebutkan airbag akan keluar secara otomatis jika terjadi kecelakaan pada bagian depan.

Umumnya airbag hanya terpasang pada bagian depan saja, namun dengan adanya airbag di pilar A maka dapat meminimalisir risiko cedera yang fatal.

Saat ini pengaplikasian airbag pada pilar belum dilakukan. Dokumen dari kantong Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat menunjukkan bagian dalam pilar A diisi oleh airbag. Saat mengembang bentuk airbag akan memanjang menutupi srluruh pilar sehingga kepada penumpang tidak akan mengenai benda keras.

Porsche mengajukan paten ini pada tanggal 19 Oktober 2016, namun otoritas paten AS baru mempublikasikan pada 27 April 2017. Jika itu benar, model Porsche dengan versi atap terbuka mendapatkan teknologi keselamatan yang mumpuni. [ddy/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
airbag,
#
blackauto