MENU
icon label
image label
blacklogo

Pontiac Banshee, Satu di Dunia, Simbol Pemberontakan General Motors

APR 21, 2020@16:30 WIB | 296 Views

Di awal tahun 60-an, Pontiac, pabrikan mobil asal Amerika Serikat ingin membuat sebuah mobil sport dan berhasil membuat konsepnya bersama John DeLorean. Terjadilah saat itu Pontiac Banshee, mobil sport dengan mesin enam silinder segaris dan body berbahan fiber. Sayangnya Blackpals, mobil ini tak sempat naik produksi.

Jika Blackpals tertarik dengan profil sports car lawas dan collectible semacam Pontiac Banshee, ternyata ada kolektor yang sedang menjualnya. Banshee Coupe concept tahun 1964 ini adalah versi generasi pertama yang super langka.

Walaupun tak sempat diproduksi, mobil konsep Pontiac Banshee ternyata sudah meluncur sebanyak empat generasi yaitu pertama di tahun 1964, 1968, 1974 dan terakhir di tahun 1988. Dua purwarupa dari generasi pertama Banshee yang berhasil dibangun adalah coupe bermesin  6 silinder in-line dan convertible bermesin V-8.

Jadi Pontiac Banshee yang ditawarkan dengan harga $ 750.000 atau sekitar Rp 11 miliar ini adalah satu-satunya di dunia dan yang membuat sejarah konflik di General Motors. Bagi petinggi GM, Banshee dinilai terlalu superior, dengan kontruksi berbahan ringan dan pilihan mesin mantap, ia langsung bersaing dengan Corvette, sang anak emas.

Saat itulah proyek Banshee ini gagal turun ke aspal. Di General Motors di mana hirarki brand adalah keutamaan, tidak ada yang boleh lebih terkenal dari Corvette. Seperti Banshee, beberapa proyek internal hebat lainnya pun turut ditumbangkan demi kesuksesan Corvette.

Mobil ini tak hanya hebat dari spesifikasi namun juga jadi simbol sejarah pemberontak di General Motors. Mobil super langka dan satu-satunya di dunia ini diklaim hanya digunakan untuk show saja dengan odometer menunjukkan roda baru berputar sejauh 1498 mil. Super sweet kan Blackpals? [leo/asl/timBX]

Tags :

#
pontiac banshee,
#
general motors,
#
mobil sport,
#
john delorean