MENU
icon label
image label
blacklogo

Peugeot Hentikan Produksi 308 GTI, Kenapa?

MAY 25, 2018@11:00 WIB | 107 Views

Anak perusahaan PSA, Peugeot, menghentikan produksi seri 308 GTI untuk sementara waktu. Hal tersebut dikarenakan investigasi terbaru mengenai aturan emisi, yang mengakibatkan perusahaan tersebut harus merekayasa ulang hatchback mereka untuk memenuhi standar emisi Euro 6,2.

(Peugeot akan memberhentikan produksi 308 GTI untuk sementara waktu)

Produksi yang selama ini berlangsung di Pabrik Sochaux, Prancis Timur akan berhenti Bulan Juni mendatang, dan akan kembali memproduksi 308 GTI pada Bulan Oktober.

Untuk mematuhi peraturan baru ini, dan mempertimbangkan standar ekonomi serta peraturan emisi WLTP, mesin bensin 1.6L turbocharged 4 silinder dengan daya 268 HP dengan torsi 330Nm tersebut  perlu dilengkapi filter partikulat baru. 

Mengenai investigasi ini, Peugeot bukanlah satu-satunya perusahaan yang harus merekayasa ulang mesin yang tersedia untuk mengikuti peraturan emisi terbaru.

(Hal tersebut dikarenakan investigasi WLTP mengenai undang-undang emisi terbaru)

Volkswagen juga pernah harus “mengutak-atik” mesin dengan menambahkan filter yang sama untuk semua model turbo-bensin tahun lalu, selain perusahaan otomotif lainnya yang terus menciptakan kendaraan terbaru dengan mengikuti peraturan yang ada.

BMW juga mengumumkan bahwa sedan M3 high performance akan “dipensiunkan” lebih awal sebelum masa akhirnya karena biaya proses untuk mengikuti aturan WLTP dianggap terlalu tinggi.

(Peugeot berjanji akan mengaktifkan produksi 308 GTI pada Oktober 2018 mendatang)

Namun khusus di Australia, perubahan undang-undang emisi tidak akan terpengaruh sama sekali, dimana BMW M3 F80 akan tetap tersedia hingga awal 2019.[prm/timBX]
 

Tags :

#
autonews,
#
peugeot,
#
gti,
#
308