MENU
icon label
image label
blacklogo

Nostalgia Dengan Sedan BMW E30 M3 Terbaik Dieranya

JUN 11, 2020@20:00 WIB | 1,132 Views

BMW E30 M3 punya hubungan erat dengan Jean Alesi salah satu pahlawan balap di Formula Satu yang juga mengoleksi E30 M3. BMW E30 M3 menjadi faktor paling enak dikendarai dan salah satu mobil dengan handling terbaik yang ia miliki. Sementara M Coupe mungkin menjadi klan tersendiri di dunia balap, karena sempat mencatatkan rekor penting di dunia balap Eropa serta World Touring Car Championship. Namun dengan mesin 4 silinder 2.3 liter, terlihat lebih ringan, dan punya nilai investasi yang longterm. BMW E30 M3 diproduksi di BMW M GmbH dan menjadi mobil ikonik hingga saat ini.

Secara look M3 diciptakan dengan bodywork bagian belakang yang lebih special, dibandingkan dengan seri 3 lainnya. Body buritan yang kotak, ditambah wing rear memang disiapkan untuk menang di dunia balap. Karena spesifikasi khusus, BMW E30 M3  dibawah regulasi FISA Group A menetapkan angka produksinya hanya 5000 unit, dan angka tersebut saat itu melebih kemampuan departemen BMW Motorsports. Sehingga produksi M3 dimulai di pabrikan BMW Munich per September 1986.

Beberapa titik case dengan bentuk yang unik, M3 mengakuisisi 12 panel body unik dirancang untuk mereduksi drag, dengan dek belakang lebih tinggi, spoiler yang yang besar, untuk membantu menyeimbangkan aerodinamika depan ke belakang. Titik flare wheelarches mengakomodasi ruang fender untuk trek yang lebih lebar dan sudut caster mengemudi yang lebih agresif dan leluasa. Titik perbedaan paling menonjol adalah pemilihan velg lebar sekitar 10 inci yang digunakan untuk kompetisi. Secara fungsional lebih seperti kinerja Audi Quattro dan Lancia Delta Integrale, untuk mengurangi turbulensi sebab angin buritan.

BMW E30 M3 punya jendela belakang dengan gaya lebih curam dari E30 standar. Secara fungsional memberikan udara gampang masuk ke ruang kabin.  Pilar C dibuat ulang sebagai detail aerdinamika untuk memberikan ruang udara lebih banyak ke spoiler belakang. 

Diantara E30 yang diproduksi masal, seri M3 menggunakan kap mesin dan roof yang didesain khusus. Sementara komponen lain dibuat dari Sheet Moulding Composite (SMC) antara lain seperti bootlid (kap bagasi), bumper, front air dam dan sills flare, selain ringan kekuatan dan durabilitas lebih baik. Seri BMW E30 M3 mungkin telah berevolusi, namun secara material lebih ringan. Boleh dibilang bodykitnya saat itu menjadi yang terbaik dikelasnya dan menjadi perburuan para petrolheads hingga sekarang. [Ahs/timBX]

Tags :

#
sedan bmw,
#
bmw e30 m3,
#
m3 competition