MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Juke R Dengan Mesin R35, 690 HP dan AWD Dibandrol Rp11,6 Miliar

APR 08, 2020@19:00 WIB | 813 Views

Nissan Juke R pernah mewarnai halaman internet di awal dekade dengan desain aerodinamika di masanya yang terbilang out of the box. Dengan mesin Nissan GT-R 35 ini menambah ruang modifikasi begitu lebar, paling tidak menaikkan pamor Nissan Juke yang belum memiliki penerus sampai saat ini. Siapa di balik proyek presitisius ini?


Ternyata personal di balik ide modifikasi swap engine gila ini sosok pegawai Nissan di Inggris. Menggandeng bengkel motorsports, sebenarnya modifikasi ini sudah rampung di tahun 2011. Namun efek yang terjadi kemudian Nissan Juke-R swap engine ini dijual dengan harga fantastis 6 digit. Itu karena jumlah cukup jarang dan hanya 5 unit selama satu dekade ini.


Foto yang kita pampang kali ini adalah generasi ke-5, yang kemudian statusnya dijual secara umum. Tepatnya sebuah diler mobil VDM yang berlokasi di Gronau, Jerman.  Harga fantastis yang dipatok mencapai USD706.883, padahal harga dasarnya cuman kurang dari USD600.000.  Sementara kondisinya benar-benar baru, baru tercatat 12 mil di odometer.


Mobil  ini dikembangkan oleh RML Groups perusahaan motorsports engineering berkolaborasi dengan Severn Valley Motorsports. Nissan Juke-R menggunakan mesin V6  R-35 berkubikasi 3.8 liter, twin turbocharger,   berpenggerak all wheel drive. Secara spek modifikasi telah memenuhi  FIA, dilengkapi dengan rollcage untuk standar balap internasional. 
Dengan harga selangit mencapai Rp11.6 miliar, tentu calon pembeli tidak hanya menerima mesin regular GTR-35. 

Tenaga mesin R-35 sudah mencapai 690 hp, dengan beberapa sektor modifikasi. Selain tenaga yang besar,  sasis juga sudah dikembangkan agar handle mobil lebih baik di jalanan. Modifikasi seterusnya untuk setelah coil-over, suspensi dua titik rollbare depan dan belakang. 

Pilihan ban dan velg 20 inci, menjadi tahapan selanjutnya, selain upgrade sistem pengereman. Tak cukup itu, Nissan Juke-R ini dimensinya telah berubah karena penggunaan bodykit karbon. Bagian hood mesin dan spoiler belakang telah menggunakan bahan yang ringan namun dengan materi kuat.


Sektor interiornya telah berubah total. Pilihan fitur kontroler 4WD, menjadi bagian yang apik. Dipackage dengan gaya interface touchscreen GT –R, seperti gaya PS3 ditambah dengan menu drive mode selector.


Apa yang  membuat special, tentunya Nissan Juke-R ini adalah satu dari 5 unit yang dibangun khusus di dunia.  Dua unit lainnya dinyatakan telah rusak. Harga Rp11 miliar, mungkin terlalu bombastis, tapi bagi petrolheads, ini menjadi suatu yang diburu. [Ahs/timBX]

Tags :

#
nissan juke,
#
nissan juke modifikasi,
#
modifikasi mobil,
#
swap engine,
#
nissan gtr -35,
#
juke -r,
#
rarespec