MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Hadirkan Mobil Konsep Crossover Bertenaga Listrik di Tokyo Motor Show

OCT 26, 2017@11:20 WIB | 172 Views

Dalam gelaran Tokyo Motor Show, kali ini Nissan berpartisipasi dengan meluncurkan sebuah mobil berkonsep crossover yang bertenaga listrik. Mobil ini sejatinya akan menawarkan sistem swakemudi seutuhnya dengan jarak berkendara yang mampu mencapai lebih dari 600km.

Inovasi mobil konsep ini memberikan sekilas gambaran akan masa depan Nissan Intelligent Mobility, pendekatan ini dilakukan Nissan untuk mengubah bagaimana mobil ditenagai, dikendarai dan diintegrasikan ke pada lingkungan sekitar. Kendaraan ini dirancang untuk mempererat hubungan pengemudi dengan sebuah kendaraan, sehingga tercipta pengalaman berkendara yang lebih aman, lebih nyaman, dan lebih menyenangkan.

Dengan menawarkan kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya dan kemampuan untuk mengendalikan mode berkendara, Nissan IMx ingin mentransformasi pengalaman pengemudi saat berkendara.

"Mobil konsep zero-emission crossover IMx ini mewujudkan masa depan Nissan Intelligent Mobility," kata Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Business. "Melalui Nissan Intelligent Mobility, Nissan berkomitmen untuk mengubah cara masyarakat dan mobil saling terhubung, serta bagaimana mobil berinteraksi dengan masyarakat dalam waktu dekat dan seterusnya."

Mobil konsep zero-emission crossover IMx mengadopsi platform terbaru dari Nissan EV, yang dirancang untuk mencapai efisiensi yang maksimal. Hal ini menjadikan desain lantai kendaraan menjadi rata, sehingga menghasilkan kabin yang luas dan dinamika berkendara yang lebih baik. Dengan pusat gravitasi yang rendah, sasis yang solid dan kokoh mampu mendefinisikannya ke dalam segmen crossover.

IMx didorong dengan sepasang motor listrik berkapasitas tinggi di bagian depan dan belakang, menjadikannya all-wheel-drive. Keduanya menghasilkan daya gabungan sebesar 320 kW dan torsi 700 Nm yang mencengangkan, bersumber dari baterai berkapasitas tinggi yang telah didesain dan direkayasa ulang untuk meningkatkan kerapatan energi. Baterai baru ini memiliki daya tempuh lebih dari 600 kilometer dengan satu kali pengisian baterai, sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan jauh tanpa perlu khawatir akan pengisian ulang daya.

IMx menghadirkan atribut kendaraan listriknya yang bersih dan sporty dengan menggabungkan fitur desain khas Nissan. Dari grille V motion pada bagian depan yang familiar, garis karakter lentur yang naik dan mengalir ke kap mesin dan ujung belakang. Permukaan luas fender depan berbentuk khas mulai dari grille dan melebar mulus ke sisi bodi, menciptakan kesan berlapis.

Aksen warna vermillion, kontras dengan bodi berwarna putih mutiara, terinspirasi dari uramasari, yang menggambarkan keindahan dan kemewahan yang ditemukan di bagian dalam kimono tradisional Jepang.

Sementara untuk Interior, mobil konsep IMx menganut konsep dasar ruang yang bisa ditemukan di rumah tradisional Jepang, yang memberi kesan keterbukaan. Panel instrumen panoramic OLED menampilkan pemandangan lingkungan di luar. Tampilan berpola butir kayu yang terpisah, diposisikan di bawah panel instrumen dan membalut trim pintu interior, memberi penumpang nuansa alam, mirip dengan shoji, sebuah layar kertas tradisional Jepang.

Pola diagonal katanagare di kursi telah diukir dengan hati-hati dengan pemotong laser. Headreast - berpola seperti kumiki, teka-teki kayu Jepang yang saling terkait - terbuat dari bantalan bahan silikon dan bingkai yang diproduksi oleh printer 3D.

Artificial Intelligence memungkinkan pengemudi mengendalikan panel instrumen dengan gerakan mata dan tangan. Tampilan interface yang intuitif ini meminimalkan kendali manual dengan beragam tuas dan tombol, sehingga kabin IMx tampak minimalis namun sangat efisien dan nyaman.[yus/timBX]

Tags :

#
crossover,
#
blackauto,
#
autonews