MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Yamaha Tidak Mengizinkan Maverick Vinales Membalap di MotoGP Inggris

AUG 19, 2021@10:00 WIB | 307 Views

Maverick Vinales akan tetap absen untuk MotoGP Inggris akhir pekan depan karena Yamaha tidak akan mengizinkannya membalap di Silverstone.

Yamaha Tidak Mengizinkan Maverick Vinales Membalap di MotoGP Inggris

Rider asal Spanyol itu telah diskors oleh Yamaha setelah GP Styria, saat dia berusaha dengan sengaja merusak mesin motor di lap akhir. Yamaha mengumumkan jelang GP Austria akhir pekan lalu bahwa Vinales telah diskors dan ditarik dari balapan kedua Red Bull Ring.

Vinales pun meminta maaf secara terbuka kepada Yamaha, mengakui tindakannya di GP Styria didorong oleh rasa frustrasi selama balapan dan situasi internal Yamaha. Hubungan antara kedua belah pihak memburuk sepanjang musim 2021, dengan Vinales meminta kontrak dua tahunnya diakhiri lebih cepat akhir tahun ini.

Pada hari Senin (16/8/2021), Aprilia mengumumkan telah menandatangani Maverick Vinales untuk musim 2022. Dan Yamaha mengatakan pekan lalu bahwa setiap keputusan tentang Vinales dan balapan lebih lanjut menjadi bahan diskusi.

Baca juga: MotoGP: Maverick Vinales Resmi Pindah ke Aprilia Untuk MotoGP 2022         

Yamaha Tidak Mengizinkan Maverick Vinales Membalap di MotoGP Inggris

“Saat ini, segalanya mungkin,” kata manajer tim Yamaha Massimo Meregalli kepada BT Sport akhir pekan lalu terkait kemungkinan Vinales membalap lagi.

“Keputusan untuk menangguhkannya dibuat di sini, dibuat oleh kami (di Eropa). Kami melakukan beberapa pembicaraan dengan Jepang, tetapi langkah pertama adalah menunda balapan. Lalu kita akan melihat apa yang terjadi.”

Dengan demikian, Vinales terkonfirmasi tidak akan membalap di GP Inggris, dengan test-rider Yamaha Cal Crutchlow akan mengambil alih peran Vinales dan bermitra dengan Fabio Quartararo.

Baca juga: MotoGP: Maverick Vinales Merasa Yamaha Merupakan Tim Hebat, Tetapi Bukan Untuk Dirinya

Yamaha Tidak Mengizinkan Maverick Vinales Membalap di MotoGP Inggris

Sebelumnya, Crutchlow menggantikan Franco Morbidelli yang cedera di tim Petronas SRT untuk double-header Austria dan akan melakukan hal yang sama di Silverstone. Dan untuk mengisi kekosongan di tim SRT, Jake Dixon (rider SRT di Moto2) akan menjalani debut MotoGP di sirkuit andalan Inggris tersebut.

SRT akan menggunakan GP Inggris untuk mengevaluasi Dixon sebagai salah satu opsi untuk musim 2022, dengan tim sedang berusaha membentuk line-up baru setelah Morbidelli dipromosikan ke tim pabrik untuk menggantikan Vinales dan Valentino Rossi yang memutuskan pensiun.

Beberapa hari yang lalu, Petronas menarik diri dari status sponsor utama SRT untuk 2022, sementara Yamaha hanya akan memasoknya dengan mesin 'B-spec’.

Dengan pilihan terbatas, SRT tampaknya akan mempromosikan Darryn Binder langsung dari Moto3 ke MotoGP, dengan rider Afrika Selatan itu menguji Yamaha Superbike di Brno pada hari Selasa (17/8/2021). Pada tahap ini, belum jelas apakah skorsing yang dijalani Vinales hanya akan diperpanjang atau karirnya di Yamaha sudah benar-benar berakhir.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
yamaha,
#
maverick vinales,
#
motogp inggris