MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Tech3 dan KTM Sepakat Tambah Masa Kerjasama di MotoGP?

FEB 13, 2021@15:00 WIB | 193 Views

Tech3, yang memberi KTM dua dari tiga kemenangan MotoGP musim lalu, akan menyetujui perpanjangan kontrak lima tahun baru untuk tetap sebagai mitra independen pabrik Austria untuk musim 2022-2026.

Setelah menggunakan mesin Yamaha dari 2001-2018, mencetak 31 podium tetapi tidak pernah menang, Tech3 mengumumkan peralihan ke KTM.

Pada 22 Februari 2018, keputusan itu menimbulkan banyak pertanyaan, karena KTM baru saja menyelesaikan musim MotoGP pertamanya dengan hasil terbaik dari tempat kesembilan untuk ditunjukkan atas usahanya.

Namun, pabrik Austria berada di jalur untuk lintasan yang meningkat, mengklaim podium dalam cuaca basah di tahun kedua dan meningkatkan kecepatan dalam cuaca kering ke posisi keenam di tahun ketiga, ketika Tech3 menempati posisi kedelapan klasemen dengan Miguel Oliveira menjalani debut bersama KTM.

Namun terobosan yang sebenarnya datang pada tahun 2020, juga tahun pertama di mana tim pabrik dan Tech3 memiliki mesin yang sama.

Brad Binder terkejut dengan kemenangan pertama RC16 di Brno sebelum Oliveira membuat sejarah untuk Tech3 dengan kemenangan di Red Bull Ring dan Portimao. Pol Espargaro menambahkan lima podium lagi dalam proses ke posisi kelima di kejuaraan dunia, tertinggi bagi KTM.

Selama putaran final di Portimao, bos Tech3 Herve Poncharal dan CEO KTM Stefan Pierer secara lisan sepakat untuk membuat perpanjangan kontrak lima tahun terjadi.

"Kami menandatangani kontrak tiga tahun dengan KTM, yaitu untuk 2019, 2020, 2021," jelas Poncharal usai launching tim KTM.

"Saya selalu mengatakan bahwa saya suka bekerja dengan totalitas dan saya pikir kesuksesan tidak hanya datang dari kontinuitas, tetapi kontinuitas sering kali menjadi bagian dari kesuksesan. Saya bertahan 20 tahun bersama Yamaha, 18 tahun di kelas utama, dan saya tidak menandatangani kontrak dengan KTM hanya untuk tiga tahun dan kemudian mencoba pergi ke tempat lain.

"Di Portimao, saya bersama (CEO KTM) Stefan Pierer dan kami berbicara tentang pembaruan tim (independen) dengan Dorna, jadi saya memberi tahu Stefan bahwa saya menandatangani kontrak selama lima tahun di Grand Prix Portimao dari tahun 2022- 2026 dengan Dorna.

"Jadi saya memiliki apa yang bisa kita sebut lisensi untuk dua tempat grid hingga akhir 2026, sebagai sebuah tim. Kemudian kami berbicara tentang apa yang akan terjadi dengan pabrikan kami dan dia mengatakan kepada saya 'apakah Anda siap untuk memasuki kontrak baru, mungkin dalam jangka panjang?'

"Saya berkata ‘Stefan, jika Anda ingin saya menandatangani kontrak lima tahun dengan Anda, itu karena saya sangat senang dan tidak suka berdiskusi dengan orang lain'.

"Kemudian dia mengatakan kepada saya, dan Pit Beirer (direktur olahraga motor KTM) ada di meja itu juga 'oke, mari kita kerjakan dan lakukan itu'. Jadi kami sudah mulai mengerjakannya tetapi sejujurnya yang paling penting adalah menyelesaikan semua logistik, semua yang harus kami lakukan selama musim dingin (untuk musim 2021).

"Tapi pada dasarnya kedua belah pihak (KTM dan Tech3) sepakat ingin melakukannya. Kami harus melalui beberapa detail karena ini jangka panjang, banyak hal yang bisa terjadi selama 5 tahun. Tapi saya akan mengatakan 95% kami sepakat dan saya sangat berharap sebelum musim panas dimulai, kami akan bisa meresmikan kemitraan ini.

"Ini seperti balapan, ketika Anda memimpin di tikungan terakhir dan Anda terjatuh, Anda belum memenangkan balapan, jadi tidak ada yang ditandatangani sepenuhnya. Tapi kemauan dari kedua belah pihak ada di sana dan inilah yang sedang kami kerjakan bersama Pit Beirer." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tech3,
#
ktm,
#
motogp 2021