MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Jadi Rookie Terbaik MotoGP, Brad Binder: “Saya Terkejut”

NOV 29, 2020@10:00 WIB | 184 Views

Brad Binder mengatakan dia "terkejut" dinobatkan sebagai rookie terbaik MotoGP tahun ini, setelah mengalahkan Alex Marquez dengan selisih 13 poin. Pembalap KTM itu adalah salah satu dari tiga rookie di grid MotoGP pada tahun 2020, bersama dengan Iker Lecuona (Tech3 KTM) dan Marquez (Honda).

Binder tak tersaingi untuk mengambil penghargaan rookie terbaik setelah menang di Grand Prix Ceko, tetapi penurunan performa di paruh kedua tahun ini bertepatan dengan Marquez membuat Honda bekerja sesuai dengan keinginannya dan finish sebagai runner-up di Le Mans dan Aragon.

Tetapi meskipun tersingkir dari GP Portugal - yang merupakan DNF keempatnya tahun ini - Binder mengakhiri musim di posisi ke-11 klasemen dan terbaik dari kelompok rookie setelah Marquez hanya finish ke-9 saat balapan.

“Sejujurnya, saya sangat terkejut saya mendapatkannya karena beberapa DNF musim ini,” kata Binder tentang memenangkan penghargaan rookie terbaik 2020.

"Bagaimanapun, saya benar-benar ingin menyelesaikan musim dengan catatan tinggi dan setidaknya mendapatkan podium. Tapi itu tidak dimaksudkan, jadi kami harus mencobanya musim depan."

Binder akan bergabung di tim pabrik KTM musim depan dan kembali bekerjasama dengan Miguel Oliveira, yang mendominasi GP Portugal.

Pembalap berkebangsaan Afrika Selatan itu mengatakan dia "sangat senang" melihat Oliveira menang di tempat kelahirannya dan siap membentuk kerjasama positif.

"Dia sudah menjadi kolega dan saingan selama bertahun-tahun," tambah Binder. "Saya sangat senang melihat dia menang di depan pendukung tuan rumah, GP Portugal.

"Miguel adalah sosok yang luar biasa, melihatnya melakukannya dengan baik di sini. Saya tidak sabar untuk berbagi garasi dengannya tahun depan."

Dengan absennya Marc Marquez karena cedera, Alex (Marquez) mengakhiri musim tanpa kemenangan sekaligus Honda gagal menang di kelas utama sejak tahun 1982.

Alex merasa keterpurukannya dari posisi kuat di GP Teruel dan Eropa mengakui Binder layak mendapatkan penghargaan rookie terbaik.

"Binder pantas mendapatkan penghargaan itu dalam dua kesalahan yang saya buat, pada balapan kedua di Aragon dan yang pertama di Valencia," kata Marquez. "Keseimbangan tahun ini positif, saya belajar banyak. Saya ingin memulai dengan lebih baik, tetapi itu selalu menjadi DNA saya.

"Kami telah mencapai tujuan agar orang-orang di garasi bangga, dan saya pikir itu positif. Selain itu, saya adalah satu-satunya pembalap Honda yang naik podium.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
rookie terbaik motogp,
#
brad binder,
#
motogp 2020,
#
pembalap ktm