MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Finlandia Batal Jadi Tuan Rumah, MotoGP Tunjuk Austria Gelar Dua Balapan

MAY 14, 2021@16:00 WIB | 442 Views

MotoGP telah mengumumkan GP Finlandia di KymiRing telah dibatalkan untuk tahun kedua, dengan GP Styria di Red Bull Ring ditambahkan sebagai penggantinya.

MotoGP dijadwalkan kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya sejak 1982 pada tahun lalu di KymiRing yang telah direnovasi, tetapi menjadi salah satu dari banyak putaran yang dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Acara tersebut berhasil kembali ke jadwal sementara 2021 untuk tanggal 11-13 Juli, tetapi pembatasan perjalanan yang sedang berlangsung di Finlandia memaksa pihak MotoGP membatalkan GP Finlandia untuk kedua kalinya.

Namun, posisi Finlandia di kalender MotoGP tetap terjamin hingga akhir 2026 setelah promotor Dorna Sports menyetujui kontrak lima tahun baru dengan KymiRing sebagai tuan rumah balapan. Sebagai gantinya, acara kedua di Red Bull Ring (Austria) telah ditambahkan yang berlangsung pada tanggal 6-8 Agustus.

Musim ini akan memulai liburan musim panasnya setelah GP Finlandia pada pertengahan Juli, tetapi sekarang akan berakhir setelah putaran Belanda pada akhir Juni.

GP Styria melakukan debut MotoGP musim lalu sebagai bagian dari double-header Austria di awal musim 2020 karena pandemi. Pembalap Tech3 KTM, Miguel Oliveira, tampil sebagai pemenang di GP Styria dengan menyalip di tikungan terakhir.

Styria GP musim ini akan melakukan double-header berturut-turut dengan GP Austria yang akan berlangsung seminggu kemudian.

MotoGP juga mengonfirmasi kesepakatan dengan otoritas Styria setempat telah tercapai untuk mengizinkan sejumlah penggemar menghadiri GP Styria dan Austria.

Ini menandai perubahan besar kedua pada kalender MotoGP 2021 setelah balapan Qatar kedua dan GP Portugal ditambahkan sebagai putaran kedua dan ketiga masing-masing untuk menggantikan acara di Amerika Serikat dan Argentina.

Belum diketahui apakah lebih banyak perubahan pada kalender akan dilakukan, tetapi pembatalan putaran World Superbike Australia untuk akhir tahun ini telah menimbulkan keraguan atas acara MotoGP karena pembatasan di negara tersebut.

Pada hari Kamis (13/5/2021) diumumkan GP Italia di Mugello akan diadakan secara tertutup. Pada hari Jumat (14/5/2021), MotoGP juga mengumumkan akan terus menggelar GP Jerman di Sachsenring hingga akhir 2026.

GP Jerman dibatalkan tahun lalu karena Covid-19, tetapi akan kembali pada bulan Juni tahun ini dengan membentuk double-header dengan Assen dan akan berlangsung secara tertutup. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp 2021,
#
gp styria,
#
red bull ring