MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Motor Bermesin Pesawat Rolls Royce V6 Karya TMC Dumont

JUL 16, 2018@21:00 WIB | 237 Views

Sebuah mesin pesawat Rolls Royce V6, yang pernah digunakan sebagai maskapai penerbangan di era 60-an telah dimodifikasi menjadi motor yang ekstrim nan vulgar. Lantaran mesin bertenaga 300 hp tersebut dikembangkan oleh TMC Dumont yang bermarkas di Vila Olimpia, Sao Paulo, Brazil, oleh mantan pebalap Formula 1 sekaligus builder motor, Tarso Marques. Sedangkan nama Dumont, mengabadikan pelopor penerbangan Brazil, Alberto Santos Dumont.

Mesin Rolls Royce V6 tersebut, dibangun pada sebuah sasis khusus, dengan roda penggerak hubless 36 inci. Tim dari TMC Dumont berhasil memperkenalkan pertama kalinya di acara Daytona Bike Week pada bulan Maret 2018 kemarin. Sasis tersebut menggerakan roda belakang dengan menggunakan gardan. Sedangkan roda depan dengan teknik underslung swingarms untuk mencengkeram roda hubless bagian depan.  Atas desain uniknya tersebut Tarso Marques memenangkan lomba customize ke 6 di Daytona.

Motor-motor dengan bentuk futuristik tersebut biasanya kita dapati di film fiksi. Namun kali ini, Black Pals bisa melihat sendiri, bagaimana motor tersebut berjalan secara nyata di jalanan.

"Motor ini merupakan proyek khusus yang telah ia impikan selama 15 tahun. Tanpa kehadiran bantuan teknologi dari luar, rasanya sulit membangun motor seperti ini. Dan saya pastikan motor custom ini 100% buatan Brazil, mulai dari draft isografi, pembangunan sasis, mesin dan roda," tutur Tarso Marques.

Ia mengaku menggunakan sejumlah alat untuk membangun motor, seperti Mark Laser ECNC, Router, Eletron pencegah korosi loga, Faro teknologi laser, printer 3D Wishbox. serta software rekayasa seperti Solidwork.

Bagian penggeraknya menggunakan transmisi tipe CVT yang dikembangkan oleh TMC sendiri. "Dalam pemulihan mesin, kami mendapat dukungan penuh dari Universitas Tuiuti (PR), dengan tim yang terdiri dari mahasiswa dan profesor kursus. rekayasa. Untuk mendapatkan ide, bahkan rem, yang dibentuk oleh pinset dan cakram, benar-benar diproduksi oleh kami, dalam pemotongan dan pemesinan laser di TMC ", jelas Tarso.

Untuk konstruksi kelistrikan, mulai dari pemasangan kabel kabel, speedometer, lampu yang dapat dicabut, hingga tangki bahan bakar aluminium (16 liter), penampung oli (8 liter) dan rangkaian suspensi, kesemuanya diatur secara elektronik oleh tombol atau remote control.

Hampir tidak mungkin untuk mengetahui komponen mana yang merupakan bahwa dari ujung ke ujung, fluiditas dan keindahan bentuknya membuatnya praktis mustahil untuk mengungkap misteri yang membuat semuanya bekerja dengan harmonis dan efisiensi di TMC Dumont.

Model ini inovatif dan dengan setia mewakili kemampuan negara Brazil untuk mencapai proyek-proyek unik. Sebuah mesin pesawat terbang, dipadukan dengan desain futuristik dan bahkan stang dan panel yang terinspirasi oleh aerodinamika pesawat, membuat proyek TMC Dumont ini menghormati Brasil yang visioner, Alberto Santos Dumont. Selamat atas karya modifikasi prestisius untuk Tarso Marques, karyanya cukup mengilhami modifikator otomotif di dunia. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
autonews,
#
tmc dumont,
#
rolls royce v6,
#
modifikasi