MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Ikonik ‘BMW M1’ 1980 Siap Menuju Pemilik Baru

NOV 25, 2020@13:30 WIB | 188 Views

Pabrikan mobil asal Jerman, BMW, memang tak lagi diragukan performanya. Pengalamannya beberapa dekade dalam menghasilkan mobil-mobil terbaik, membuat BMW melekat di benak Anda sebagai salah satu merek yang layak dipertimbangkan.

BMW mungkin telah melewati tahun-tahun emasnya, tetapi M1 yang bersih akan mengingatkan Anda mengapa perusahaan menjadi kekuatan dalam antusiasme otomotif. BMW adalah salah satu merek peminat paling terkenal dalam sejarah otomotif.

Lebih luas dari Mazda  dan tanpa eksklusivitas dolar tinggi dari Porsche, BMW telah menawarkan beberapa kendaraan berperforma terbaik yang pernah dibuat. M1 adalah bukti nyata, yang menjadi awal mula daya tarik penggemar otomotif terhadap pabrikan.

Namun nama ini merosot dalam beberapa tahun terakhir. Mobil BMW M menjadi semakin sarat teknologi dan mati rasa, menukar kegembiraan untuk klaim kinerja mumpuni yang ditinggal lesu oleh perkembangan teknologi. Mobil ini cepat, kokoh, dan sangat gesit, namun juga membosankan.

Lagi-lagi, BMW M1 adalah bukti dari apa yang biasa dilakukan perusahaan ini. BMW M1 sendiri diproduksi selama 3 tahun, mulai dari tahun 1978 hingga 1981 dengan total 453 unit. Mobil sport dua pintu ini merupakan karya dari Giorgetto Giugiaro dari Italdesign yang begitu ikonik.

BMW M1 sendiri adalah ekspresi murni dari mesin penggerak utama perusahaan yang sebenarnya. Seolah membawa Anda kembali ke masa-masa keemasannya, baru-baru ini ada iklan yang menjual BMW M1 dalam lapisan cat putih bersih. Koleksi yang satu ini telah dipulihkan oleh dealer khusus, Canepa, yang membuat mobil tampak menarik.

Iklan tersebut mengklaim telah mengucurkan lebih dari $125.000 dolar AS atau Rp1,77 milyar untuk pekerjaan pelestarian dan pemulihan. Itu membawa mobil sepanjang 22.760 mil kembali ke level Concours yang bersih.

Berusia 40 tahun, BMW M1 yang diiklankan bak pemain lama yang punya pesona sendiri. Meski persaingan produsen mobil saat ini mengarah pada beragam fitur dan desain futuristik, M1 kali ini menyasar para kolektor berkantong tebal.

Dengan biaya pemulihan sedemikian rupa, setidaknya kita dapat memperkirakan bahwa harga jual BMW M1 ini berada pada level kedua, tak beda jauh dari harga aslinya. Dalam iklan Canepa, dijelaskan bahwa mobil tersebut adalah kepemilikian keluarga tunggal sejak baru.

John Davila, adalah sosok dibalik mobil impor Jerman tersebut. John sendiri merupakan penggemar yang begitu memuja gaya dan desain M1, yang selama hidupnya memiliki total tiga unit M1. Mobil ini dikendarainya selama beberapa tahun sebelum memutuskan melakukan perubahan warna menyeluruh dan sangat detail, menjadi putih.

Sekarang, BMW M1 produksi tahun 1980 ini siap untuk pemilik berikutnya. Apakah Anda tertarik memilikinya? [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw m1,
#
mobil ikonik bmw m1,
#
bmw m1 1980,
#
giorgetto giugiaro