MENU
icon label
image label
blacklogo

Mini Mulai Merambah ke Dual Clutch Transmission

DEC 21, 2017@21:00 WIB | 253 Views

Perusahaan mobil menambahkan mini sebagai pilihan transmisi ketiga, untuk mendukung dual clutch 7 percepatan. Apa kelebihannya dual clutch transmission (DCT)?, menawarkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan efisiensi lebih baik jika dibandingkan transmisi manual atau otomatis yang saat ini ditawarkan.

Meskipun DCT belum dikonfirmasikan untuk Amerika Serikat, DCT  bakal tersedia di market, dengan pilihan untuk mesin Hartop, Hartop 4 pintu dan Covertible lines. Disisi lain mobil tersebut tetap diberikan pilihan 6 percepatan otomatis,  dan transmisi standar dengan 6 percepatan manual.

Seperti yang kita ketahui, DCT cukup memberikan manfaat  yang cukup populer. Berkat DCT akeselerasi dapat ditingkatkan, karena throttle tetap bisa terbuka, saat perpindahan gigi.  Hal itu tetap memungkinkan, karena menggunakan dua kopling terpisah, satu untuk rasio ganjil (1,3, 5 dan 7) dan untuk rasio lain (2,4,6).  Saat mobil melaju, membuka satu kopling berarti disisi lain  mengaktifkan penutupan lain saat bersamaan.

Secara logika, control transmisi juga menganalisis data seperti accelerator position, putaran mesin dan kecepatan untuk menentukan rasio mana yang akan dibutuhkan, sehingga pergeseran gigi bisa dilakukan secara kilat.

Selain itu efisiensi meningkat, jika dibandingkan transmisi otomatis, karena  ada jeda saat konversi torsi.  Mini juga memasangkan DCT dengan fitur stop-start engine dan coasting mode untuk keuntungan lain. Yang terakhir, mampu memutus mesin dari posisi jeda (rest) dari drivetrain, memungkinkan melaju saat idling speed.

Control logic transmisi, juga terintegrasi oleh system navigasi untuk menyesuaikan strategi pergeseran. Saat mendekati tikungan tajam,  atau persimpangan misalnya, downshift dibuat lebih awal untuk memanfaatkan efek pengereman mesin agar lebih laju lebih lambat.

Saat melewati dua tikungan berurutan, drive position engaged setelah downshifting  dipertahankan, agar tidak terjadi pergeseran yang tidak perlu, dan memastikan gear ideal, untuk melaju dnegna kekuatan penuh, saat keluar dari tikungan.  Waktu terbaik untuk masuk dan keluar dari coasting mode, juga bisa ditentukan menggunakan navigasi data. Rencananya, DCT akan diperkenalkan mulai Maret 2018 nanti. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
mini,
#
mini cooper,
#
dual clutch transmission