MENU
icon label
image label
blacklogo

Microlino: Mobil Mungil Yang Bakal Dipasarkan di Amerika Serikat

OCT 04, 2021@12:00 WIB | 91 Views

BMW Isetta adalah mobil gelembung paling terkenal di dunia.

Dibangun dari tahun 1955 hingga 1962, Isetta adalah produk yang sempurna dari BMW selama resesi pasca-perang Jerman ketika banyak pelanggan tidak mampu membeli mobil ukuran standar.  Di acara IAA Motor Show di Munich beberapa waktu lalu, tampak mobil yang menyerupai Isetta namun lebih modern. Mobil itu berasal dari perusahaan Swiss bernama Micro Mobility Systems dan diberi nama Microlino.

Mobil itu bukan pertama kalinya dari sebuah perusahaan yang mencoba untuk menggunakan kembali keajaiban mobil gelembung, tetapi ini adalah pertama kalinya mobil seperti itu akan dipasarkan di Amerika Serikat. Seorang juru bicara Micro Mobility Systems mengatakan bahwa Microlino dapat mencapai Amerika Serikat dengan salah satu dari dua cara.

Baca juga: Kala Camper Van Sedang Booming di Amerika Serikat, Mercy Sprinter 4x4 Didesain Menarik untuk Adventure

Metode pertama melibatkan menghapus salah satu roda belakang, mengubah Microlino menjadi roda tiga. Ini akan memungkinkan Micro Mobility Systems untuk menjualnya sebagai sepeda motor jalanan umum, seperti Morgan Three-Wheeler, Polaris Slingshot, atau Vanderhall Venice. Metode lain melibatkan mengimpor mobil sebagai NEV (kendaraan listrik lingkungan) seperti kereta golf. NEV saat ini legal di 46 negara bagian tetapi hanya dapat melakukan perjalanan dengan batas kecepatan di bawah 35 mph.

Microlino akan hadir dalam tiga tipe yaitu Urban, Dolce dan Competizione, dimana masing-masing tipenya dengan jangkauan dan performa yang berbeda. Model dasar dapat menempuh jarak sekitar 60 mil dengan sekali pengisian daya, sedangkan model baterai yang lebih besar dapat menempuh jarak antara 108 hingga 143 mil.

Dalam hal kinerja, Microlino memiliki kecepatan maksimum 56 mph, jadi tidak akan bagus di jalan raya AS. Tapi jangan berpikir mobil ini lamban, karena Micro Mobility Systems mengklaim mobil itu dapat mencapai kecepatan 31 mph hanya dalam lima detik.

Layaknya Isetta, pintu tunggal Microlino menghadap ke depan sehingga membuat jalan masuk dan keluar agak sulit bagi pengemudi yang kurang fleksibel, dan kurang praktis dibandingkan kendaraan golf untuk pelanggan yang lebih tua. Sementara sisi interiornya menunjukkan kelegaan dengan banyak kaca dan atap kain yang bisa dibuka.

Baca juga: Rendering Shelby Cobra GT500: Kombinasi Dua Ikon Amerika Jadi Muscle Roadster

Microlino memiliki tempat duduk untuk pengemudi dan satu penumpang, ditambah sedikit ruang untuk penyimpanan di bagasi, membuatnya lebih praktis daripada sepeda motor atau skuter. Microlino tidak memiliki fitur mewah seperti navigasi atau radio built-in, tetapi ada layar sentuh kecil untuk mengontrol pemanasan dan speaker Bluetooth yang tersedia.

Harga untuk Microlino belum diresmikan, namun kabarnya mulai dari $14.700 atau setara Rp208 juta.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
microlino,
#
mobil mungil,
#
amerika serikat,
#
mobil mungil terbaru