MENU
icon label
image label
blacklogo

Mesin Terbaru Mazda Tak Lagi Menggunakan Busi

JAN 11, 2017@08:00 WIB | 250 Views

Produsen mobil asal Jepang, Mazda Motors Corporation diam-diam tengah mempersiapkan mesin terbaru-nya yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar lebih hemat dari mesin yang dimilikinya saat ini.

Tak tanggung-tanggung mesin tersebut dapat menawarkan efisiensi bahan bakar 30 persen lebih baik dibandingkan dengan mesin konvensional. Racikan mesin bensin ini dikembangkan oleh Mazda dengan menciptakan sistem pembakaran di dalam ruang mesin tanpa bantuan pengapian yang biasa menggunakan busi. Itu artinya mesin tersebut tidak lagi menggunakan busi.sebagai pembakaran internalnya.

Ini akan menjadi aplikasi pertama dari teknologi Mazda yang diberi nama homogeneous charge compression ignition, sebuah sistem pembakaran mesin yang memanfaatkan kompresi tinggi antara bahan bakar dan udara di ruang bakar. Dengan kata lain, mesin ini akan lebih hemat bahan bakar karena pembakaran mesin tersebut lebih sempurna.

Meskipun Mazda sedang mengembangkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, namun Mazda berpikir mesin internal yang sedang mereka ‘godok’ akan membuktikan sebagai teknologi mumpuni di masa depan nanti.

Mazda berencana akan mengabungkan mesin barunya itu pada Mazda3 pada tahun 2018 mendatang atau dikenal dengan Axela untuk pasar Jepang. Kemudian mesin akan diadopsi secara bertahap dengan model lainnya. Selain itu Mazda juga tetap mengusung teknologi Skyactive andalan Mazda.

Dikabarkan, Mazda memang sudah mengabarkan akan mulai memproduksi secara missal kendaraan listrik pada 2019. Mobil ini akan dipasarkan di Amerika Serikat dan pasar Eropa, dimana perturan di Negara berkembang itu memiliki peraturan yang sangat kuat untuk kendaraan khususnya roda empat.

Sementara untuk mesin barunya sendiri Mazda akan dibangun untuk pasae global, termasuk Negara Negara berkembang yang di jadwalkan pada tahun 2030 mendatang. [ddy/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
mesin mazda