MENU
icon label
image label
blacklogo

Melihat 10 Mobil Unik Karya Produsen Jepang

OCT 17, 2021@12:00 WIB | 214 Views

Jepang memang menjadi tuan rumah bagi produsen mobil terbesar di dunia.

Mereka selalu menduduki tiga besar negara dalam produksi mobil sejak 1960-an. Oleh karena itu, tak masalah bagi produsen mobil untuk membuat beberapa model khusus di pasar tertentu. Begitu pula dengan Jepang. Banyak mobil-mobil seri khusus yang dikeluarkan khusus di pasar Jepang. Seperti apa model dan kekuatan dari mobil-mobil tersebut.

1. Nissan R390

Banyak yang tidak tahu bahwa Nissan bersaing dengan Porsche dan McLaren di akhir 90-an dengan R390 GT1. Syarat untuk menyainginya adalah dengan membuat setidaknya satu contoh mobil jalan yang serupa dengan mobil balap. Dan inilah yang dilakukan Nissa. Mereka memproduksi satu contoh mobil R390 dengan kecepatan lebih dari 220 mph. Bayangkan jika mobil ini diproduksi massal. Saat ini R390 berada di Nissan Heritage Collection, Zama, Jepang.

2. Subaru SVX

Sebuah mobil dengan performa mewah tahun 90-an. Mobil sport Jepang ini dibuat untuk bersanding dengan Jaguar XSJ. Di desain oleh Giorgetto Giugaro. Mobil yang sangat langka, bahkan para penggemar Subaru SVX tidak bisa mengenalinya.

3. Mazda Eunos Cosmo

Satu-satunya mobil yang keluar dari pabrik dengan mesin triple-rotor, membuatnya bertenaga besar lebih dari RX-7. Eunos Cosmo merupakan mobil canggih pada masanya dengan berbagai fasilitas digital seperti sistem informasi layar sentuh berwarna, sistem GPS mobil dan sangat terlihat mewah dengan interior dilapisi beige leather.

Baca juga: Simak Tampilan Modifikasi Asal Jepang Dari Harley Davidson Dyna

4. Autozam AZ-1

Salah satu mobil unik yang diproduksi di pasar Jepang. Mobil bermesin tengah dan memiliki penggerak roda belakang dengan pintu gullwing. Karakteristik supercar. Sayangnya, Suzuki hanya menanami mesin 657cc three-cylinder turbocharged yang menghasilkan 63hp dan torsi 63 lb-ft.

5. Toyota Sera

Pada tahun 1990-an Toyota sempat mengeluarkan sebuah mobil bak econobox dengan pintu kupu-kupu. Saat itu Toyota Sera memiliki mesin 1,5 liter 16 katup yang dipasang di bagian depan dengan 104hp. Desainnya menjadi inspirasi McLaren F1, supercar terbesar yang pernah dibuat.

6. Nissan MID4

Mobil sport bermesin tengah yang pertama kali menampilkan sistem penggerak semua roda. Kemudi empat roda HICAS yang mencapai R32 Skyline GT-R dan 300ZX. Mesin VG30 MID4 akhirnya berakhir di 300ZX yang dipilih untuk diproduksi massal.

Baca juga: Di Tangan Tuner Asal Jepang, Mazda MX-5 Ini Menjelma Aston Martin

7. Suzuki GSC-R/4

Mobil ini diproduksi tahun 2001. Memiliki mesin tengah, satu mesin mobil satu lagi mesin sepeda motor. Suzuki mengambil mesin 1300cc dari motor sport Hayabusa dan menempatkannya pada spaceframe aluminium. Hasilnya, GSC-R/4 hanya memiliki bobot 640 kg dan mencapai kecepatan 180 mph.

8. Mazda Lantis Type R

Mobil ini menggunakan mesin Mazda 2.0 liter V6 yang disebut KF-ZE, menghasilkan 170hp. Selain itu, limited-slip differential dipasang pada Lantis Type R bersamaan dengan sejumlah modifikasi pada bagian bodinya agar terlihat lebih unik. Dalam tes perbandingan Lantis berkinerja lebih baik daripada Honda Integra.

9. Nissan March Super Turbo

Salah satu mobil kecil Jepang untuk dinikmati para penggemar. Mobil ini keluar dengan mesin twin-turbocharged. Mesin 930cc delapan katup didorong dengan torsi low-end berasal dari supercharger, sisanya disediakan oleh turbo. Aneh melihat mobil supermini dengan twin-charged.

Baca juga: Di Jepang dan Eropa Sedan Mewah Bodi Berkarat Jadi Tren Baru

10. TommyKaira ZZII

Sebuah produsen mobil Jepang yang kini tidak beroperasi pernah memproduksi ZZII. Mobil super yang ringan bermesin tengah dengan drivetrain yang dipinjam dari Nissan Skyline GT-R. TommyKaira menanam mesin RB26DETT untuk menghasilkan 542 hp. Dipasang di sasis aluminium dan dilapisi karbon serat. Sayangnya, mobil ini tidak pernah berhasil diproduksi karena beberapa masalah.[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mobil,
#
mobil unik,
#
mobil unik jepang,
#
10 mobil unik karya produsen jepang