MENU
icon label
image label
blacklogo

Mazda Ajukan Hak Paten untuk Kembangkan Supercharger Listrik

AUG 22, 2017@22:20 WIB | 315 Views

Bagi Anda yang menyukai mobil turbo dan mobil listrik nampaknya akan menjadi kenyataan. Pasalnya Mazda telah mengajukan permohonan hak paten untuk mengembangkan teknologi baru yaitu mesin supercharger electric.

Dari gambar yang diposting disitus Motor1, terlampir sebuah sketsa dua mesin baru yang mengaplikasikan mesin konvensional dan supercharger electric. Tentunya perpaduan dua teknologi ini akan menjadi salah satu mesin yang sangat dahsyat dikendarai.

Ini menjadi inovasi yang sangat penting bagi produsen asal Jepang itu. Karena Mazda melihat pada tahun 2020 di berbagai negara berkembang semua kendaraan baru harus dibekali teknologi ramah lingkungan.

Teknologi yang sedang dikembangkan oleh Mazda ini nantinya memiliki putaran mesin yang baik dari sejak puratan bawah maupun atas.  Kedua teknologi ini akan saling bahu membahu untuk memberikan peforma maksimal yang mampu dihasilkan oleh sebuah mesin. Supercharge elektrik yang ditanamkan akan menjaga tenaga mesin mulai putaran bawah, sedangkan sepasang turbonya akan memberikan tendangan di putaran atas dari mesinnya.

Mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui roda belakang yang membuat mobil melesat semakin cepat. Selain itu keuntungan lainnya seperti dongkrakan peforma dan juga minimalnya turbo lag yang ditawarkan oleh pihak pabrikan Jepang ini. Memang sejauh ini masih terlalu dini untuk memprediksi bagaimana kinerja dan peforma dari paten mesin ini.

Ini bukan kali pertama Mazda mengembangkan teknologi tersebut, sebelumnya Volvo sendiri telah menerapkan mesin yang sama dengan kapasitas mesin 2.000 cc 4 silinder yang diklaim bisa menghebuskan tenaga maksimal 450 hp. Namun perusahaan asal Swedia itu tidak direncanakan masuk jalur produksi.

Menariknya lagi, hak paten mesin yang sedang diajukan oleh Mazda ini kedepannya bisa saja diaplikasikan pada Mazda MX-5 ataupun Mazda RX9. Model ini dikabarkan pula akan dikenalkan kepada publik pada ajang Tokyo Motor Show 2017 pada akhir Oktober sebagai mobil konsep. Jika animo masyarakat sangat tinggi, tidak menutup kemungkinan mobil ini akan diproduksi dengan cepat dan dipasarkan tahun 2018. [ddy/timBX]

Tags :

#
mazda,
#
blackauto,
#
autonews