MENU
icon label
image label
blacklogo

Lee Iacocca, Legenda Eksekutif Auto Amerika

JUL 06, 2019@06:57 WIB | 752 Views

Lee Iacocca, salah satu eksekutif otomotif paling terkenal di Amerika yang secara luas dikreditkan dengan membawa Ford Mustang ke pasar dan menyelamatkan Chrysler Corporation dari kebangkrutan pada akhir 1970-an dan awal 80-an dan telah meninggal dunia di usianya yang ke 94 tahun. Iacocca bersama Ford selama 32 tahun sebelum dia dipaksa keluar dan dengan cepat pindah ke Chrysler, tempat dia mendapatkan ketenaran karena perubahan haluannya terhadap perusahaan yang sedang sakit.

pernyataan resmi dari Fiat Chrysler Automobiles yang mengungkapkan bahwa perusahaan sedih dengan berita meninggalnya Lee Iacocca. Dia memainkan peran bersejarah dalam mengarahkan Chrysler melalui krisis dan menjadikannya kekuatan kompetitif sejati. Dia adalah salah satu pemimpin besar perusahaan kami dan industri otomotif secara keseluruhan. Ia juga memainkan peran yang mendalam dan tak kenal lelah di panggung nasional sebagai negarawan bisnis dan dermawan.

Lee memberikan kami pola pikir positif dan mendorong kami untuk kemajuan hari ini dan seterusnya, hal tersebut ditandai dengan kerja keras, dedikasi, dan ketabahan. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa Chrysler, sekarang FCA, adalah perusahaan seperti itu, contoh dari komitmen dan rasa hormat, yang dikenal karena keunggulan serta kontribusinya bagi masyarakat. Warisannya adalah ketahanan dan keyakinan yang tak tergoyahkan akan masa depan yang hidup terus di dalam para pegawai FCA yang berjuang setiap hari untuk hidup sesuai dengan standar tinggi yang Lee tetapkan.

Lacocca adalah jagoan dan pria dengan ide terbesar di Ford selama 32 tahun. Pada zamannya, dia menikmati otoritas lebih besar daripada siapa pun di perusahaan yang bernama Ford. Dia terpesona dalam kemampuannya untuk membuat sesuatu terjadi, untuk terus-menerus berada di pusat perhatian, entah bagaimana Ia melarikan diri dari Kutukan Ford. Tapi itu tidak bertahan selamanya. Keberuntungannya habis pada 1970-an, dan Henry Ford II memecatnya pada pertengahan 1978, dan mengatakan, "Aku hanya tidak menyukaimu."

Dalam beberapa minggu, Iacocca dipekerjakan sebagai presiden baru / COO dari Chrysler Corporation yang sangat bermasalah, dengan janji bahwa ia akan menjadi ketua / CEO ketika orang yang mempekerjakannya, John Riccardo, pensiun pada tahun berikutnya. Iacocca selalu ingin memiliki perusahaan mobilnya sendiri, dan mimpinya akan menjadi kenyataan baik atau buruk.

mantan pemimpin redaksi David E. Davis melakukan wawancara eksklusif dengan Lacocca pada 2005 lalu. Dalam wawancara tersebut Lee mengatakan bahwa seorang pria bernama Charlie Beacham adalah mentor pertamanya di Ford. Dia mengajari Lee pentingnya dealer, dan dia mengenalkan Lee dalam bisnis ritel. Lee belajar tentang leasing, belajar tentang keuangan, dan belajar bahwa pembayaran bulanan adalah landasan segalanya dalam bisnis mobil. Charlie Beacham-lah yang membuat Lee pergi ke Dale Carnegie untuk belajar bagaimana berkomunikasi.

Saat penjualan mobil-mobil saat itu tidak laku karena kampanye tentang keselamatan berkendara, seseorang dapat membeli Ford tahun 1956 dengan harga 56 dolar, dan Lee menjualnya. Itu keberhasilan bagi Lee. McNamara [Robert S. McNamara, presiden Ford dan kemudian menteri pertahanan dalam pemerintahan Kennedy] mengira Lee adalah seorang jenius, Dia adalah mentor Lee yang lain di Ford.

Lee belajar dari McNamara, dan Lee melakukan dengan caranya sampai menjadi kebiasaan baginya. Disiplin itulah yang membuat kekacauan yang diwarisi dari Chrysler dapat diatasi oleh Lee. Mereka (Chrysler) tidak memiliki kontrol apa pun. Mereka tidak tahu apa-apa. Itu sebabnya Lee membawa begitu banyak orang Ford ke Chrysler. Lee mengambil 82 persen pembeli Ford dalam satu gerakan.

Chrysler tidak punya uang saat itu, Mereka bangkrut. Lee membutuhkan jaminan pinjaman dari Kongres, lalu Ia memasang kontrol keuangan ala Ford, bekerja membersihkan ladang yang penuh dengan mobil baru yang tidak terjual. Lalu, Lee pergi ke United Automobile Workers (UAW) untuk meminta bantuan mereka.

Kemudian bank-bank berkata, "Hei, mungkin benda ini bisa diselamatkan." Dan Lee beruntung lagi - ekonomi juga berbalik. Kinerja perusahaan terhadap jaminan pinjaman dan peran UAW sebesar 1,2 miliar dollar. Chrysler mampu membayar kembali pinjaman dalam 36 bulan dan membayar pemerintah sebesar 350 juta dollar untuk bantuannya. Dan setelah itu, Chrysler adalah perusahaan mobil baru.

“Saya kira itu satu prestasi yang sangat saya banggakan. Memperlakukan Chrysler lebih dari sekadar pekerjaan, lebih dari nilai pemegang saham. Menyelamatkan Chrysler adalah ide bagus untuk seluruh negeri. Penggabungan dengan Daimler-Benz juga merupakan kesepakatan yang bagus, tetapi harusnya sebaliknya, Chrysler seharusnya membeli Daimler-Benz. Karena itu, Jerman membutuhkan tujuh tahun untuk mengasimilasi itu,” ujar Lee Iacocca.

Tags :

#
lee iacocca,
#
eksekutif otomotif,
#
ford mustang