MENU
icon label
image label
blacklogo

Leclerc Tidak Bisa Menikmati Kemenangannya di Grand Prix Belgia

SEP 02, 2019@16:00 WIB | 211 Views

Charles Leclerc mengatakan bahwa dia tidak bisa menikmati sendiri kemenangan pertamanya di ajang Formula 1. Ia mendedikasikan kemenangan tersebut untuk mendiang Anthoine Hubert.

Leclerc memulai karier kartingnya bersama Hubert (pembalap junior Renault F1) yang meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan Formula 2 di Spa pada hari Sabtu.

Setelah mengakhiri penantian untuk memenangkan balap F1 pertama kalinya pada hari Minggu, Leclerc langsung mempersembahkan kemenangan itu kepada Hubert.

"Di satu sisi, saya bisa mewujudkan mimpi yang saya miliki sejak kecil," kata Leclerc. “Di sisi lain, akhir pekan ini sangat sulit. Kami telah kehilangan seorang teman yang luar biasa. Sangat sulit dalam situasi ini.”

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan pertama saya kepadanya. Kami tumbuh bersama. Perlombaan pertama yang saya lakukan adalah dengan Anthoine ketika kami masih muda, ada Esteban (Ocon) dan Pierre (Gasly).”

“Sayang sekali apa yang terjadi kemarin. Saya tidak bisa menikmati kemenangan pertama ini, tetapi itu pasti akan menjadi kenangan yang saya simpan selamanya.”

Leclerc memulai perlombaan di pole position dan memimpin lebih awal, sebelum tergelincir di belakang Sebastian Vettel setelah rekan satu timnya itu diuntungkan dari pit-stop awal untuk penggantian ban baru.

Namun, Ferrari membalikkan keputusan untuk Leclerc dan seolah-olah dia berada di jalur untuk memenangkan perlombaan sebelum Hamilton berhasil memangkas jarak.

"Itu adalah balapan yang sangat sulit, kami berusaha keras dengan kondisi ban," kata Leclerc. “Tetapi apa yang membuat saya jauh lebih bahagia di Budapest adalah saya mengelola ban dengan lebih baik.”

“Akhir lomba jelas tidak mudah, dia (Hamilton) mengejar dengan kecepatan mobilnya. Saya memiliki sedikit tekanan, tetapi senang bisa menahannya.”

Hamilton pun finis dibelakangnya dengan selisih waktu 0,9 detik, dan mengakui bahwa Leclerc layak memenangkan perlombaan ini.

"Saya memberikan segala yang saya miliki," kata Hamilton. “Balapan hari ini sangat sulit, Ferrari terlalu cepat di trek lurus dan sangat sulit untuk mengimbangi mobil mereka.”

“Saya mencoba memangkas jarak agar sedekat mungkin di akhir, mungkin saja kami membutuhkan beberapa lap tambahan.”

“Tapi, selamat untuk Charles, untuk kemenangan pertamanya. Dia sudah berusaha keras sepanjang tahun ini.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
charles leclerc,
#
formula 1,
#
renault,
#
anthoine hubert,
#
gp belgia