MENU
icon label
image label
blacklogo

Lebih Dekat Dengan Isuzu mu-X 4x4

AUG 18, 2017@21:00 WIB | 541 Views

Selain tipe MPV, persaingan pada segmen mobil tipe SUV di Indonesia pun tampaknya kian ketat saja. Hal tersebut dapat dilihat dengan hadirnya New Isuzu mu-X yang merupakan produk SUV milik produsen mobil diesel ternama di Jepang. Namun tak lengkap jika SUV di kelas medium ini tidak menghadirkan varian penggerak roda 4x4. Hal ini yang hendak dibuktikan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), yang beberapa waktu lalu menghadirkan mu-X dengan penggerak yang lebih mumpuni melibas lahan off-road..

Memang New Isuzu mu-X 4x4 tak memanfaatkan ajang GIIAS 2017 sebagai arena peluncurannya. Namun di ajang pameran otomotif nasional tersebut Isuzu membuka tabir seperti apa penggerak 4x4-nya. Blackxperience mencoba meniliknya lebih jauh. New Isuzu mu-X 4x4  dilengkapi dengan fitur bernama 4x4 Terrain Command system yang punya tiga pengaturan cara kerja sistem gerak.

Yaitu 2H (gerak roda belakang), 4H (gerak semua roda tanpa differential), dan 4L (gerak semua roda, central differential mengunci, low gears). 4WD pada Isuzu mu-X tergolong part time sebab bisa beralih dari gerak empat roda ke hanya dua roda belakang. Saat mesin cuma menggerakan dua roda belakang, kondisi ini dinamakan 2H. Salah satu fungsinya menghemat pemakaian bahan bakar.

4H biasanya dipakai hanya saat medan mulai berat, tapi sistem 4H pada Pajero Sport bisa digunakan pada semua kondisi permukaan jalan. Dalam mode 4H, axle depan aktif jadi kedua roda depan juga mendapat torsi dari mesin bersama roda belakang.

Dalam mode itu komputer mengatur kerja setiap ban. Ketika mobil digunakan menanjak, kita bisa lihat setiap ban seperti mencari traksi sendiri – sendiri alias tidak bergerak bersamaan. Sama seperti 4H, saat 4L dipakai berarti semua roda bekerja, tapi bedanya central differential lock aktif. Artinya, setiap ban tidak bekerja sendiri – sendiri lagi melainkan bergerak bersamaan. Dan yang lebih membedakan, mode ini menggunakan torsi lebih besar.

Secara keseluruhan varian 4X4 ini memiliki fitur yang berbeda dengan varian Royale dan Premiere. Varian ini dihadirkan lebih sederhana dan lebih mengedepankan fitur 4X4 untuk kebutuhan operasional.

“Jadi, varian terendah karena alasan operasional, yang penting fitur 4X4 lebih dominan akan lebih di pakai. Kita tidak berbicara fitur atau aksesoris, lebih kepada kemampuan mereka melibas medan-medan yang berat," jelas Takuji Kani, Direktur Sales & Marketing IAMI.

Secara keseluruhan mobil ini didatangkan secara utuh dari pabrik Isuzu di Thailand. Berbicara mesin, New mu-X 4X4 MT dibekali 4JK1-TC Hi-Power 2.499 cc DOHC bertenaga 134 daya kuda dan torsi 319,6 Nm. Tenaga tersebut bisa disalurkan keempat roda melalui transmisi 5 percepatan manual. [bil/timBX]

Tags :

#
isuzu mu-x 4x4,
#
isuzu,
#
blackauto,
#
autonews