MENU
icon label
image label
blacklogo

Kustomisasi Berani Honda CBX100, Dengan Singled-Side Suspension

OCT 08, 2020@13:00 WIB | 248 Views

Kustomisasi motor dengan cara berani sangatlah berisiko, meskipun dengan segala keunikannya dan dinilai tinggi secara seni, dan di artikel ini kita akan membahas kustomisasi Honda CBX100 dengan singled-side suspensioin.

CBX ini dibangun oleh toko Belanda WiMoto, yang dimiliki seorang pria bernama Reinoud. Pemilik sebelumnya telah mencurahkan segalanya untuk mengubahnya, tetapi kemudian didiagnosis menderita kanker stadium akhir. Jadi, pengelolaan toko tersebut diambil alih Reinoud.

Setelah mengendarainya apa adanya selama beberapa tahun, Reinoud memutuskan sudah waktunya untuk meningkatkan CBX model 80-an. Sejak ia menjalankan toko suku cadang dan perlengkapan online yang menyimpan suku cadang WiMoto, ternyata dia punya ide yang cukup ekstrem dan berpikir untuk merealisasikannya.

“Reinoud memiliki ide gila untuk membuat sesuatu dengan dua roda yang dipasang di samping,” kata Wido Veldkamp yang juga mengelola WiMoto. “Jadi dia bertanya kepada saya apakah ini mungkin. Tentu saja, semuanya mungkin tetapi ini akan membutuhkan beberapa rekayasa. Terutama karena itu harus layak untuk dikendarai.”

Ringkasannya tidak lebih dari itu, dimana roda harus memiliki ruas-ruas, dan bahwa motor harus terlihat keren dan bekerja dengan baik. Satu-satunya keinginan Reinoud adalah sesuatu yang mengejutkan. “Pertama, CBX ini sudah dimodifikasi,” kata Wido. “Jadi kami tidak mengubah motor aslinya. Rekondisi sebelumnya dilakukan dengan gaya yang cukup kuno, dan juga geometri motor jauh dari yang seharusnya.”

Wido memulai dengan mengukur setiap inci CBX, kemudian memodelkan desainnya dengan software SolidWorks 3D CAD. Berjam-jam lamanya untuk merancang bangunan secara digital bahkan sebelum Wido mengambil kunci pas. Itu termasuk menggunakan perangkat lunak spesialis dari ahli suspensi terkenal Tony Foale untuk merancang, menganalisis, dan menyempurnakan suspensi yang unik.

Kemudian Wido mulai memotong dan mengcustom rangka. Itu termasuk membuat subframe baru, dan menambahkan beberapa penguatan teralis untuk membantu sasis mengatasi gaya torsi dari pengaturan satu sisi. Setelah selesai, tibalah waktunya untuk membangun komponen suspensi yang sebenarnya.

Baik sisi depan bergaya girder dan swingarm mono-shock dengan one-offs, dibuat sendiri menggunakan pipa chromoly. CS Metaalbewerking membentu suspensi depan dari satu lempengan billet aluminium, dan ada shock YSS khusus yang berjalan di kedua ujungnya. Ini adalah set-up yang mengesankan, cocok dengan satu set roda yang sama rumitnya.

JSR-Service memasok Wido dengan sepasang velg baja tahan karat 18 inci, yang dihubungkan ke hub BMW R1200GS. Bagian depan menggunakan as roda custom dengan bantalan eksentrik dari Volkswagen Golf, sedangkan bagian belakang menggunakan bantalan Honda VFR750.

Wido mengkustom roda depan lebih jauh, dengan menambahkan titik pemasangan untuk cakram rem perimeter 440 mm yang cukup masif. Satu set ban Avon Cobra menyelesaikan running gear, berukuran lebar 120 di depan, dan 180 di belakang.

Untuk bodywork, Wido menyesuaikan tangki bahan bakar CBX dengan bagian buntut Honda Bol d'Or yang disempitkan. Kemudian dia membuat bagian bawah baru di bagian ekor untuk menampung kabel, lengkap dengan dua strip lampu belakang LED terintegrasi. Tijger Leathers menutupnya dengan pelapis khusus di jok.

Motor itu dipasang ulang di sekitar pengontrol Motogadget berkemampuan Bluetooth, dengan penghitung kecepatan dan sakelar juga berasal dari merek elektronik Jerman.

Kokpit dilengkapi dengan setang baru, throttle dan grip baru dari Domino, dan klem palang khusus dengan potongan untuk penghitung kecepatan. Penerangannya menggunakan headlight LED, terpasang rapi di dalam tabung bagian depan. Dan setelah pengeraan itu, selanjutnya adalah knalpot CBX.

CBX diselesaikan dengan skema cat dua warna yang halus oleh SMP Creative, yang disesuaikan dengan pekerjaan pelapisan bubuk yang tidak terlalu halus oleh TH-Poedercoaten. Dengan memilih dua warna yang sangat berbeda untuk bodywork dan komponen sasis, Wido secara sempurna menyandingkan daya tarik klasik Honda dengan tekniknya yang unik. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda cbx100,
#
motor custom,
#
kustomisasi motor