MENU
icon label
image label
blacklogo

KTM Umumkan Pedrosa Sebagai ‘Test-Rider’ 2019

OCT 30, 2018@13:40 WIB | 145 Views

Dani Pedrosa akan pensiun dari MotoGP setelah 13 tahun dalam kategori tersebut, dan pria 33 tahun saat ini bertahan dari musim terburuknya di kelas utama hingga saat ini karena ia hanya mampu nempati posisi 11 klasemen dengan dua putaran tersisa.

Meskipun menghabiskan seluruh karir balap grand prixnya bersama pabrikan Honda, Pedrosa akan beralih ke KTM sebagai pembalap uji coba untuk dua musim berikutnya, bergabung dengan Mika Kallio yang berstatus pembalap ketiga.

KTM berada di musim kedua di MotoGP tetapi tim kesulitan untuk membangun kemajuan sang rookie tahun ini, terutama dengan tuntutan untuk melangkah lebih cepat.

Pedrosa menjadi penandatanganan signifikan kedua pada tahun 2018, dengan Johann Zarco bergabung dengan tim balap juga untuk bermitra dengan Pol Espargaro.

“Kami telah melihat betapa kompetitifnya MotoGP tahun ini dan bagaimana pecahan detik dapat menyembunyikan kemajuan nyata dan pelajaran berharga.

“Kami berharap – dan kami sangat gembira – masukan Dani bersama Mika Kallio dan memberi dukungan besar yang akan kami kumpulkan tahun depan dan tentu saja bisa sangat membantu menutup celah lebih jauh.

“Saya pikir kami bisa merasa sangat optimis tentang kemungkinan kami untuk musim mendatang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil di pabrik, semua upaya kuat di balapan dan untuk semua pengujian saat kami mendekati akhir tahun kedua kami.

“Juga untuk Dani, dia sangat bagus dan dia percaya pada kami dan apa yang kami lakukan untuk mengembangkan proyek dengan tujuan besar.”

Manajer tim Mike Leitner menambahkan: “Saya sangat senang bahwa kami dapat mencapai kesepakatan dengan Dani. Terima kasih atas semua tahun dan keberhasilannya di MotoGP. Saya percaya dia akan membantu proyek kami dalam cara yang besar dan dalam mengembangkan motor sesuai dengan kebutuhan.

“Dani adalah juara dunia tiga kali dan tiga kali menjadi runner-up dalam kategori ini dan saya mengenalnya dengan baik. Dia masih sangat kompetitif dan ini pasti bisa menguntungkan upaya MotoGP kami.”

Kallio saat ini sedang memulihkan diri dari cedera yang diderita selama penampilan wildcard pada awal tahun ini di Sachsenring, yang membuatnya absen untuk sisa tahun 2018.

Pedrosa sendiri mengkonfirmasi kepergiannya dari Honda mengikuti balapan di Mugello, dan sempat sangat terkait dengan tim SIC Petronas Yamaha yang akan menjadi tim baru musim depan.

Tim SIC akan mencari pengganti Fabio Quartararo (juara Moto2) bersama Franco Morbidelli (juara kelas menengah 2017), dengan yang terakhir mendapatkan mesin yang didukung oleh pabrik.

Sementara KTM dapat membuat hingga enam entri wildcard karena statusnya sebagai tim konsesi, itu akan menskalakan kembali perlombaan pembalap ketiganya tahun depan karena pengalihannya ke tim uji, dengan Pedrosa sangat tidak mungkin untuk membuat penampilan.

Pedrosa kemungkinan akan membuat penampilan pertamanya di RC16 pada uji coba pasca balapan di Valencia pada bulan November, sementara pembalap Ducati saat ini, Jorge Lorenzo, mengambil tempatnya di Honda.[ap/timBX]

Tags :

#
moto gp,
#
ktm,
#
dani pedrosa