MENU
icon label
image label
blacklogo

Komparasi Mitsubishi Triton VS Toyota Hilux, Dua Pick-Up Andalan Di Lapangan

FEB 16, 2022@15:00 WIB | 483 Views

Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux sering dijadikan pilihan sebagai kendaraan operasional di area pertambangan atau perkebunan. Dengan bodi yang kekar, kedua mobil ini siap melibas rintangan apa saja dan di medan yang sulit apapun. Walaupun demikian, Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux juga kerap terlihat di jalanan perkotaan sebagai kendaraan komuter sehari-hari.

Hadir pertama kali di tahun 2002, Triton menjadi yang pertama bermain di segmen ini dengan nama Mitsubishi Strada L200. Tak mau ketinggalan, selang 4 tahun kemudian, Toyota meluncurkan Hilux pada tahun 2006 untuk menantang dominasi Triton di segmen komersial ini.

Masing-masing pick-up gambot ini memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga sulit untuk menentukan mana yang terbaik di antara keduanya. Agar tak pusing lagi untuk menentukan pilihan, berikut ini komparasi Mitsubishi Triton VS Toyota Hilux:

1. Desain dan dimensi

Soal desain memang dikembalikan ke preferensi masing-masing. Namun satu hal yang pasti, kedua mobil mobil ini punya satu kesamaan: desain bodi keduanya benar-benar merepresentasikan karakteristik tangguh dan handal. 

Jagoan dari pabrikan berlogo tiga berlian ini hadir dengan desain Dynamic Shield termutakhir yang mengedepankan fungsionalitas. Lekukan dari samping pun terlihat lebih boxy dan bagian depan semakin menunjukkan ketangguhan dari Triton, dengan "hidung" yang terlihat lebih gahar.

Hilux pun juga demikian. Tampang dari Hilux sepertinya terinspirasi dari pickup truck flagship Toyota Tacoma dengan grille yang besar serta bezel yang tebal. Bahasa desain yang terinspirasi dari Tacoma ini membuat Hilux semakin terasa kekar dan gahar.

Dimensi kedua mobil ini juga tidak terlalu jauh berbeda, dengan Triton memiliki dimensi panjang 5100 mm, lebar 1815 mm, dan tinggi 1780 mm. Hilux sendiri memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil, dengan panjang 4935 mm, lebar 1800 mm, dan tinggi 1685 mm.

2. Mesin

Mengenai jantung mekanis, kedua mobil ini memiliki output tenaga dan torsi maksimum yang bisa dikatakan cukup gahar serta juga sama-sama memiliki konfigurasi penggerak semua roda/4WD.

Triton varian termahal, Ultimate dan Exceed, dibekali dengan mesin 4N15 turbo diesel berkapasitas 2442 cc lengkap dengan katup variabel MIVEC dengan output tenaga maksimum 178 hp dan torsi tertinggi 430 Nm. Sedangkan varian GLS tidak dilengkapi dengan katup variabel MIVEC pada mesinnya, sehingga angka performanya hanya berada di kisaran 134 hp/324 Nm. Hampir semua varian hanya menyediakan transmisi manual 6 percepatan kecuali varian Ultimate yang sudah dibekali dengan transmisi otomatis.

Di sisi lain, semua varian Hilux mendapatkan mesin yang sama, yaitu mesin 2GD-FTV turbo diesel 4 silinder 16 katup DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 148 hp dan daya puntir sebesar 343 Nm. Mesin berkapasitas 2393 cc ini dipadankan dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis berteknologi Sport Sequential Shiftmatic untuk varian V.

3. Fitur keselamatan

Untuk urusan fitur, terbukti Mitsubishi Triton lebih unggul dibandingkan Toyota Hilux. Varian tertinggi Triton dibekali dengan fitur-fitur keselamatan yang tidak dimiliki oleh Hilux seperti Ultrasonic Missacceleration Mitigation System (UMS) dan Forward Collision Mitigation System (FCM). Fitur ini akan aktif saat pengemudi salah injak pedal dan secara otomatis akselerasi akan dibatalkan dan risiko kecelakaan dapat dihindari. Selain itu, juga terdapat fitur Blind Spot Warning (BSW) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang berguna untuk untuk mendeteksi kendaraan lain di belakang mobil saat mundur.

Alat kontrol stabilitas dan pengereman juga turut disematkan ke Triton, diantaranya Active Stability & Traction Control System (ASTC), Hill Start Assist (HSA), ABS+EBD khusus untuk varian Ultimate dan Exceed serta fitur keselamatan aktif seperti Dual SRS airbag untuk varian standar dan airbag 7 titik untuk varian Ultimate dan Exceed.

Toyota Hilux mendapatkan fitur-fitur keselamatan seperti Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Trailer Sway Control (TSC), dan Emergency Brake Signal. Berbeda dengan Triton, ABS+EBD terdapat di semua varian Hilux.

4. Harga

Kedua mobil ini punya range harga yang bisa dikatakan tidak terlampau berbeda. Hadir dalam 6 varian, Mitsubishi Triton dijual mulai dari Rp271,65 juta hingga Rp489,5 juta. Toyota Hilux sendiri hadir dalam 4 varian dan dijual mulai dari Rp254,75 juta sampai Rp491,35 juta. Harga yang tertera sebelumnya berstatus On The Road Jakarta per Februari 2022. [fdhl/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
toyota hilux,
#
mitsubishi triton