MENU
icon label
image label
blacklogo

Kerjasama dengan Renault, Mitsubishi Akan Luncurkan Hatchback Colt di Eropa Tahun 2023

APR 06, 2022@17:40 WIB | 172 Views

Mitsubishi Motors akan meluncurkan generasi terbaru hatchback legendaris Colt pada kuartal ketiga 2023, berdasarkan platform CMF-B aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dan dibangun oleh Renault di Turki. Ini adalah model kedua dari kolaborasi baru antara Mitsubishi dan mitra aliansi Renault, setelah SUV Crossover ASX yang diumumkan Januari 2022. Kemitraan ini diumumkan tahun 2021 lalu, bertolak belakang dengan keputusan Mitsubishi pada 2020 yang ingin menghentikan operasinya di Eropa.

Renault dan Nissan membangun model bersama di Eropa selama dekade terakhir, termasuk mobil kecil Micra di Prancis dan pickup di Spanyol. Model gabungan masa depan ini termasuk mobil listrik berukuran compact.

Colt bisa dikatakan adalah kembaran dari Renault Clio, yang dibangun di Bursa, Turki, dan Novo Mesto, Slovenia. Mitsubishi sendiri mengatakan bahwa Colt akan mengusung mesin hybrid, tetapi Mitsubishi belum memberikan spesifikasi lebih lanjut terkait performa atau transmisi yang akan digunakan. Selain mesin bensin, Clio ditawarkan dengan sistem E-Tech full-hybrid buatan Renault.

Untuk model baru ini, Mitsubishi menggunakan kembali “nameplate” Colt yang pertama kali digunakan pada tahun 1962. Generasi terbaru Colt yang dijual di Eropa dibangun di pabrik Nedcar di Born, Belanda, dari tahun 2004 hingga 2014 dan Lebih dari 400.000 unit telah terjual. Mitsubishi juga telah menghentikan sebagian besar produksi SUV menengah Outlander bermesin pembakaran internal dan selanjutnya hanya akan memproduksi Outlander Plug-In Hybrid.

Mitsubishi mengatakan bahwa penjualan dari model terbaru ini akan berfokus pada negara-negara dengan angka penjualan tertinggi di Eropa, seperti  Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol. Mitsubishi Motors sendiri telah menjual sebanyak 63.122 unit kendaraan di Eropa pada 2021, turun 27 persen dari 2020. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
renault clio,
#
mitsubishi colt