MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenang Film Bond 43 Tahun Lalu, Lotus Evija Tampil Bersanding Esprit S1

JUL 08, 2020@14:30 WIB | 356 Views

Pada tanggal 7 Juli 1977, film James Bond, ‘The Spy Who Loved Me’ ditayangkan premier di Odeon Leicester Square, London. Nah, dalam film tersebut, sebuah mobil Lotus Esprit S1 berkelir putih jadi salah satu bintangnya, di mana ia dapat berubah fungsi jadi kapal selam. Nah untuk menandai 43 tahun film ini rilis, kini Lovus Evija terlihat berpose dengan sang Espirit di posting-an Facebook resmi Lotus.

Spesifikasi di atas kertas menyebutkan jika Evija bisa jadi penantang tanggul di kelas hypercar listrik. Dengan empat motor listriknya, mobil ini mampu menghasilkan 1973 hp dan Lotos meyakini jika mobil ini mampu tembus kecepatan 100 kpj hanya dalam waktu kurang dari 3 detik saja.

Top speed yang diharapkan Lotus pada Evija juga cukup tinggi yaitu 200 mph atau 322 kpj. Tak hanya super kencang, istimewanya lagi baterai yang digendongnya juga cukup besar hingga sanggup meluncur hingga 402 kilometer sekali pengisian daya penuh.

Lotus telah memutuskan hanya membangun 130 unit Evija saja dengan harga mulai dari Rp 24 miliar hingga sekitar Rp 32 miliar.

Esprit S1 memiliki desain wedge khas Giorgetto Giugiaro. Tenaga 160 hp dihasilkan dari mid-engine 2.0-liter naturally aspirated empat silinder dan dialirkan ke gearbox manual Citroën lima percepatan. Walau tenaganya memang tak besar, mobil ini dapat melaju cukup kencang karena bobot keseluruhannya hanya 900 kilogram, berkat beberapa part yang terbuat dari fiberglass.

Mobil yang dalam gambar bukanlah Esprit S1 persis yang digunakan di film Bond, karena mobil collectibles tersebut sudah dibeli Elon Musk pada tahun 2013 lalu dengan harga hampi USD 1 juta. Tahun berikutnya. Musk mengatakan jika ia akan mengembangkan kendaraan amfibi mirip Esprit namun lebih besar 10 persen. Namun pada 2017, ia menyampaikan lagi jika akan membiarkan mobil Bond ini tampil orisinal dan akan membangun kendaraan amfibi dengan desain baru. [leo/timBX]

Tags :

#
film james bond,
#
lotus evija,
#
esprit s1,
#
lotus esprit s1