MENU
icon label
image label
blacklogo

Lotus Emira Tidak Melulu Elektrik, Ada Dua Versi Pakai Mesin Toyota dan AMG

JUL 07, 2021@17:38 WIB | 157 Views

Lotus Emira memulai generasi baru dengan sentuhan desain yang futuristik dan performance.  Emira meninggalkan bahasa desain Lotus yang serba futuris, namun tetap mengambil manfaat dari desain Evija hypercar 2000 hp yang cukup modern. Potongan garis  lampu depan LED dua tingkat yang futuristik, ditambah lubang aerodinamika seperti ventilasi kap mesin terbentuk dengan garis tajam, mirip garis body Evija. Tapi Lotus jelas benar-benar ingin memperbaharui sosok si Emira ini, dengan perangkat apa saja?

Emira dihadirkan dengan gaya desain Evija yang dikombinasikan dengan kurva dramatis, dengan definisi setiap potongan desain yang jelas dengan dimensi panjang total 4412 mm. Sementara bagian belakang Emira terlihat sebagai hypercar yang lebih membumi, dengan menghilangkan lorong ventilasi besar menjadi ventilasi yang lebih minimalis untuk membuat aerodinamika benar-benar bekerja secara maksimum.   

Dibagian powertrain, Lotus mempersiapkan dua mesin untuk mengisi ruang tengah Emira, menggunakan mesin V6 3.5 liter Toyota supercharged. Mesin yang sama masih digunakan untuk project Lotus Exige dan Lotus Evora.  Pada pertengahan 2022, Lotus bakal menambahkan mesin I4 turbocharged 2.0 liter buatan AMG Mercedes.  Jadi Emira bakal menggunakan dua mesin, Toyota V6 supercharged dan Mercy I4 turbocharged, yang tenaganya dikombinasikan ke roda belakang dengan melalui transmisi manual, otomatis atau kopling ganda.  Tenaga dari roda belakang sekitar 360hp dan 400 hp.  

Emira mampu sprint dari posisi diam ke 62 mph dalam waktu 4.5 detik, dengan kecepatan tertinggi 290 kpj. Lotus menjanjikan aerodinamika mobil disertai downforce cukup seimbang pada semua kecepatan, rendah ataupun tinggi. 

Evolusi paling tajam dari sosok Emira  adalah bagian sasis aluminium yang dibuat dari extruded aluminum chassis dikembangkan di fasilitas Lotus Advanced Structures yang baru, beberapa mil dari kantor pusat perusahaan Hethel. Arsitektur Mobil Sport yang baru memberi pengemudi dua pengaturan suspensi dan sasis, dimulai dengan mode berkendara "tour" standar sehari-hari yang menghasilkan keseimbangan antara performa sport dan berkendara yang lembut dan nyaman. Mode berkendara "sports" yang disertakan dengan paket Drivers opsional memperkuat suspensi untuk respons dan penanganan yang lebih tajam pada kecepatan.

Lotus menjanjikan beberapa fitur terkini seperti adaptive cruise control, anti collision, and lane charge assist.  Sementara fitur lain yang bisa dijangkau oleh tangan pengemudi antara lain seperti, launch control, keyless ignition, rain sensing wipers, serta kemudahan parkir melalui sensor depan dan belakang. Lotus mengklaim berat total hanya 1405 kg saja.

Bagaimana dengan bagian interiornya sosok Lotus Emira ini? Desain interiornya cukup nyaman, memperhatikan ruang gerak bagi pengemudi cukup mudah.  Ruang siku dipersiapkan extra luas, antara kursi pengemudi dengan kursi penumpang yang dikombinasikan dengan lateral support. 

Ruang kokpit didesain dengan sebuah layar TFT 12,3 inci dan layar infotaintment 10,3 inci. Desain dashboar yang berbentuk kotak, dan raised shifter.  Dilengkapi dengan 10 channel saluran KEF Premium sound system yang mampu mengirimkan audiophile grade soundtrack. 

Oh iya ruang bagasi belakang cukup untuk muatan 151 liter, sebuah koper atau satu set tas golf, sementara ruang penyimpanan 208 liter  bisa ditambahkan dengan melipat dua kursi belakang.
Bagi penggemar Lotus, Emira sudah dapat di deposit sekarang. Lotus Emira dibangun di Hethel dengan standar fasiitas industri yang cukup lengkap.  Rencananya bakal didistribusikan pada musim semi 2022.  Harga yang ditawarkan  sekitar USD82775 hingga USD85 ribu. Rencananya bakal diperkenalkan pertama kali pada Goodwood Festival of Speed 2021, pada 8 Juli ini.[Ahs/timBX]

Tags :

#
supercar lotus,
#
lotus emira,
#
lotus evija