MENU
icon label
image label
blacklogo

Ekstrem, Kei Car Imut, Daihatsu Copen di Modif Off-Road? Ini Wujudnya

JAN 25, 2023@17:42 WIB | 94 Views

Kei Car dari Jepang Daihatsu Copen adalah mobil roadster mungil dengan desain yang unik. Lantas, bagaimana kalau mobil ini berubah menjadi lebih sangar dan bergaya off-road?

Ini yang terjadi di Jepang, sang pemilik melakukan modifikasi ekstrem dengan mengubah DNA Copen yang merupakan city car menjadi monster dirt ala mobil rally dan off-road.

Salah satu yang paling mencolok adalah suspensi yang sedikit mengangkat sehingga membuat ground clearance menjadi lebih tinggi. Ia juga menggunakan lift kit yang dipadukan dengan satu set velg berukuran 15 inci dari OZ Racing dan dibungkus oleh ban Yokohama Geolandar M/T. Kombinasi ini menjadikan ia off-road yang cukup mumpuni meskipun terbatas oleh penggerak FWD.

Karena menggunakan basis Copen dengan varian Xplay yang dikenal memiliki tampilan lebih berani berkat sentuhan di bagian fender dan bumper yang dicat hitam. Sementara sang pemilik malah melakukan hal yang lebih ekstrem lagi dengan menyematkan potongan-potongan tambahan ke bagian fender dan bumper tersebut.

Sementara di bagian depan kita akan menemukan skid plate berbahan alumumiun dengan tow hook yang dipasang di grillenya.

Selain tow hook, pemilik juga membubuhi beberapa peralatan tambahan seperti Sand Ladder ARB, LED Foglight, Roll cage di bagian belakang lengkap dengan tangki Rotopax.

Di bagian belakangnya juga tampak pipa knalpot ganda dari HKS yang membuatnya terlihat begitu sporty dan garang. Serta tambahan hook belakang jika sewaktu-waktu Copen dibutuhkan menarik trailer.

Beralih ke bagian kabin kita akan melihat atap retracable yang disupport dari Takeoff sehingga dapat dioperasikan secara otomatis dari dalam kabin. Tersedia pula sepasang kursi Recaro berkelir merah dan lingkar kemudi beremblem Momo lengkap dengan paddle shifter untuk pengendaraan yang lebih dinamis. 

Di sisi performa, bertengger mesin 3-silinder berkapasitas 660cc turbocharged sesuai dengan spesifikasi standar. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT yang mengalirkan tenaga 63 hp dan torsi 92 Nm sepenuhnya ke roda depan.

Kabarnya setelah selesai dimodifikasi, mobil ini dijual dengan harga  ¥1.698.000 atau nyaris Rp200 juta yang mendekati harga baru Copen di Jepang. Dilansir dari situs Car Sensor, Copen tersebut dibeli sejak 2015 lalu dengan odometer yang kini mencapai 96.055 km. [wic/tim BX].

Tags :

#
daihatsu,
#
copen,
#
kei car,
#
off road