MENU
icon label
image label
blacklogo

Para Kontestan BlackAuto Modify Contest yang masuk 3 Besar

JAN 07, 2022@13:00 WIB | 617 Views

BlackAuto Virtual Battle West Region melahirkan capaian yang luar biasa mengingat kontestan peserta BlackAuto Modify Contest Car menyuguhkan iklim modifikasi yang semakin menguat, gaya modifikasi ekstrim ditanah air adalah mobil yang layak jalan. Terlepas apakah peserta membawa truk towing untuk mengantarkan mobil kontes ke medan battle atau tidak. Pergeseran tren makin semakin jelas,  dan membawa prestige bahwa juara Blackauto Modify Contest Car menjadi tahta paling diidam-idamkan para petrolheads.

Gaya convert body yang semakin elegan (tidak terlalu ekstrim), didukung dengan penetrasi motif modifikasi luar negeri yang semakin kental, menambah warna modifikasi di battle arena. Sementara gaya street racing mobil eropa antara BWM E38, Audi A4 dan VW Scirocco ikut bersolek mengisi sudut ruang kosong depan totem Black Auto Virtual Battle. Gaya SUV, Jeep Rubicon 4 pintu, dan Suzuki Escudo mewakili style ekstrim dari masing-masing pecinta modifikasi. Pasukan sedan JDM seperti Oddysey, Accord, Jazz, Yaris, Daihatsu Ceria menjadi irisan obyek modifikasi yang mengakar kuat di petrol heads. 

Semua mobil partisipan Auto Modify Contest Car West Region yang berjumlah 14 tersebut berlangsung di dua lokasi yang berbeda. Lokasi pertama di Bandung dengan 10 mobil dan lokasi kedua di BSD Tangerang dengan 6 mobil. Setelah dikurasi selama 2 minggu oleh dewan Juri BAVB, ada 26 kategori yang mewakili setiap kemenangan kelas tropi, mulai dari Style of Car Trophies 6 tropi, Type of Car Trophies 12 tropi, Originally Built Trophies 3 tropi, Special Class Trophy 2 kelas, dan Champ Trophies 3 tropi. Diantara puluhan tropi tersebut, siapa yang masuk special class dan siapa yang masuk Champ Trophies?

2nd Runner Up Contest Car: Honda Accord 

Honda Accord Lansiran 2003 sudah dirubah total modifikasinya. Sektor body yang sudah diimprovisasi mengarah ke gaya new Accord. Titik improvisasi tersebut mulai dari splitter, diffuser, headlamp dan stoplamp facelift, ducktail custom, serta panoramic. Sedikit notes, karena semua titik improvisasi tersebut tidak mengikuti pattern tertentu, alias boleh dibilang ide original, termasuk unsur aerodinamika pada 7 titik airflow yang fungsional. Virya si owner mengaku butuh waktu satu tahun dari konsep menjadi produksi.

Sisi interior tetap mengandalkan pakem pabrikan, tambahan improvisasi dengan retrim custom seluruh panel interior, penambahan minibar custom, titik pencahayaan LED, serta sebuah TV 32 inci berpasangan dengan playstasion. Sektor Audio minimalis untuk kebutuhan sound quality loud didukung dengan 2 subwoofer 12 inci, speaker 8 Pioneer, 3 way Pioneer, 3 Power Pioneer, 13 unit LCD, sebuah DJ controller dan Laptop.

Bagian engine Accord ini sudah diswap engine ke mesin V6 2500cc, didukung dengan asupan oksigen secara konstan melalui filter udara yang sudah dicustom. Estetika ruang mesin difinishing dengan sentuhan chrome dan tambahan strutbar engine mengurangi limbung.  Didukung dengan setingan kaki-kaki velg Work Meister L1 10-12 et minus, dipadukan dengan ban Pirelli, sektor pengereman BBK Brembo GT 8 Pot depan berkombinasi rotor depan 300, BBK Brembo GT 6 Pot serta air suspensi 4 channel AirLift dengan management.

1st Runner Up Contest Car: Honda Jazz

Honda Jazz 2010 ini sudah rubah total hanya berbekal sasis, kemudian diswap engine menggunakan mesin V8 1UZ-FE kubikasi 4000cc, ruang yang sempit untuk sebuah mesin V8. Dengan mesin yang lebih besar, otomatis  bagian hood harus dicustom. Dipadukan dengan bonnet facelift, memadukan lampu depan  dan lampu belakang Toyota Fortuner VRZ.  

Meski berubah total, namun secara look memang masih meninggalkan jejak sebuah Honda Jazz. Kap mesin dengan pilar depan A masih mengarah ke gaya Jazz meski sudah dikonvert menjadi 2 pintu. 

Mengejar modifikasi di 5 sektor,  undercarriage didukung velg Rotiform ring 18, dengan ban semi slick Advan Neova, tak cukup dengan standar pengereman bawaan, Farid mengaku menambahkan double caliper AP Racing 4 titik dan kombinasi coilover. 

Mobil yang dimodifikasi oleh Kupu-kupu Malam ini, juga didukung management android platform. Untuk membuka tutup pintu, hood, memainkan entertainment dan indikator mesin telah displit ke sistem android. 

Beda soal ketika entertainment, pilihan head unit menggunakan Kenwood sanggup untuk memonitor 2 kamera di bagian spion, mengandalkan power monoblok Momentum 5K dua set,  dan power Momentum 4 channel 3 unit mengejar genre SPL yang cukup digemari dikalangan SQL Lover. Ditambahkan dengan speaker coaxial dari Momentum 6 set.  Total Modifikasi Honda Jazz ini menurut Rudy sudah setara dengan Mercedes A Class.

Contest Car Champ: Audi A4 

Modifikasi  Audi A4 tahun 2008,  dengan bonnet depan telah dimodifikasi menjadi RS4, sedikit wide body, dan sektor engine menggunakan RS5 dengan V8 4200 cc. Selain mesin, sudah didukung dengan transmisi quattro,  dan axle harus diganti. Perubahan mendasar, dari mesin berpenggerak depan, dirubah menjadi all wheel drive. 

Dengan tenaga mesin V8 4200cc, modif mesin di stage 2 telah meningkatkan tenaga sekitar 80 hp. Tenaga pabrikan mencapai 450 hp bertambah menjadi 530 hp dan torsi menjadi 560 Nm.  

Tampilan standar terdongkrak sebab pemasangan velg ADV1 5.0 Track Function Competition Spec diameter 20 inch lebar 12 inch, dengan ET12. Dipadukan dengan pengereman caliper Audi Ceramic diameter 390mm six pot bagian depan dan belakang. 

Sektor interior tak kalah dengan sektor lainnya. Alih-alih tenaga mesin yang besar, dashboard dan instrument cluster mengadopsi RS5, display monitor, panel dashboard yang sudah difinishing carbon. 

Sistem audio yang mendukung sound quality didukung Ground Zero Tweeter Speaker berbahan emas 24 karat.  Midrange, dan Midbass menggunakan Ground Zero. Sedangkan untuk amplifier mengunakan Ground Zero Uranium 2 inci, 4 inci dan 6 inci. Dibagian belakang dilengkapi Ground Zero Uranium Subwoofer 8 inci, 4 buah. Dengan sebuah prosesor Helix Digital Sound Two dan difinishing menggunakan acrilyk subwoofer box.

Total Modifikasi Audi A4 ini sudah mencapai Rp2 Miliar lebih dan memenangkan beberapa kontes Car Audio Emma Asia tahun 2019. Juri BlackAuto Virtual Battle Memutuskan Audi A4 Milik Leon ini sebagai Juara Contest Car Champ West Region.[Ahs/timBX]

Tags :

#
blackauto virtual battle 2021 west region,
#
blackauto virtual battle 2021,
#
blackauto battle,
#
blackauto modify contest