MENU
icon label
image label
blacklogo

Kecelakaan Vettel Sebabkan Uji Ban Pirelli Wet Tire Tidak Berlanjut

FEB 11, 2017@21:00 WIB | 245 Views

Ferrari akhirnya harus membatalkan uji coba ban Pirelli wet tire di hari kedua, setelah terjadi kecelakaan pada hari pertama Kamis 9 Februari 2017 di sirkuit Fiorano. Kecelakaan ini mengakibatkan tim Ferrari  mengalami kekurangan suku cadang dan tidak bisa melanjutkan test di hari kedua.

Uji coba tersebut menggunakan mobil SF15T, saat Sebastian Vettel keluar trek dan menabrak pembatas, sasis mobil Ferrari tersebut rusak. Tim Ferrari akhirnya memastikan tidak bisa memperbaiki mobil tersebut, meski lokasi sirkuit tidak jauh dari markas Ferrari, karena suku cadang memang kosong.

Dengan keputusan tersebut, akhirnya tim Ferrari juga membatalkan tes untuk pebalap ketiga Antonio Giovinazzi, yang akan menguji coba mobil pada hari Jumat. Fokus Pirelli terhadap tes Vettel belum bisa memberikan kesimpulan yang diharapkan. Awal permasalahan pemanasan ban terjadi di Grand Prix Brasil tahun lalu. Dengan fokus pada Grand Prix 2017 berarti akan muncul aturan dimana trek basah boleh dilakukan balap setelah periode safety car.

Sedangkan konsekuensi dari keberhasilan test wet tire milik Pirelli ini membantu para driver F1 menggunakan ban basah yang suhunya jauh lebih rendah. Pirelli sedang mempersiapkan hal ini untuk musim 2017, dibanding sebelumnya ban harus diberi selimut saat lomba menjelang mulai. Kondisi cuaca hari Kamis kemarin memang cukup rumit, namun test masih bisa dilangsungkan mengingat suhu trek tidak lebih tinggi dari 5 derajat celcius. Kecelakaan tersebut tidak mencederai serius, akan tetapi Vettel hanya menderita luka di siku setelah menghantam kokpit. [Ahs/TimBx]

Tags :

#
sebastian vettel,
#
formula 1,
#
f1,
#
pirelli