MENU
icon label
image label
blacklogo

Kapan Indonesia punya Mobil Listrik?

JAN 21, 2016@17:11 WIB | 845 Views

Sejatinya kapan masyarakat Indonesia dapat menikmati teknologi mobil listrik. Di beberapa negara maju, proyek mobil dengan tenaga listrik sudah mulai diterima. Bahkan pabrikan seperti Ford, Nissan, Toyota dan Chevrolet berencana memproduksi kendaraan listrik secara masal pada 2020.

Berdasarkan data OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles), selama tahun 2014, sebanyak 2,7 juta unit kendaraan listrik telah terjual di seluruh dunia. Kemudian bagaimana nasib perkembangan industri otomotif Tanah Air mulai mengembangkan teknologi tersebut?

Yan Sibarang Tandiele, Kasubdit Industri Komponen Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjelaskan, "Kami mengawali dengan mengedukasi masyarakat, mungkin impor namun terbatas supaya orang melihat seperti apa mobil listrik. Kami juga memberikan izin untuk memproduksi mobil listrik, tapi masih dalam tahap pembahasan. Kami sudah mengantisipasi pengembangan mobil listrik. Tapi kami sudah ada roadmap industri otomotif," ucap Yan dalam acara Curhat Otomotif 2016 "Menuju Industri Otomotif Indonesia Semakin Hijau", Kamis (21/1/2016).

Yan tidak bisa menjelaskan kapan mobil listrik berkembang di Indonesia. Sampai dengan tahun 2025 dipastikan kendaraan mesin konvesional masih merajai jalanan Indonesia. Dijelaskan Yan, persoalannya bukan cuma terganjal masalah insfrastruktur, tapi juga perkembangan ekonomi dan kesiapan pasar.

"Kendaraan listrik dicanangkan pada tahun 2020. Tapi pengembangan kendaraan listrik harus punya strategi, harus punya pilot projek yang sudah diinisiasi oleh bebragai lembaga dalam hal ini pemerintah," imbuh Yan. [dw/timBX]

Tags :

#
electric car,
#
mobil listrik