MENU
icon label
image label
blacklogo

Kali Pertama, Presiden Jokowi Hadir di GIIAS 2018

AUG 02, 2018@14:00 WIB | 743 Views

Gelaran pameran otomotif terbesar (worls class auto show series) yang diselenggarakan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018  dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Djoko Widodo di Nusantara Hall Convention Center, ICE BSD, Serpong Tangerang.

Presiden RI didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto  dan beberapa menteri kabinet kerja dan ketua GAIKINDO Yohanes Nangoi. Tahun ini GIIAS akan berlangsung dari 2-12 Agustus 2018. Tahun 2018 ini merupakan gelaran ke-26, yang didukung  oleh Astra Financial, Protera&LLumar dan Pertamina.

Di pameran otomotif paling besar  di Indonesia ini, mengambil tema beyond mobility,  menghadirkan produk kendaraan terbaru yang didukung dengan teknologi terkini, dari industri otomotif dunia. Ada 40 kendaraan roda empat terbaru dan juga kendaraan konsep yang bakal diluncurkan di GIIAS 2018.  Selain itu juga 8 motor baru dan konsep yang akan dipamerkan.

Yohanes Nangoi menjelaskan makna tema GIIAS  sebagai gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mwndorong percepatan kualitas kehidupan. 

"Kami ingin GIIAS dapat menjadi tempat mensosialisasikan berbagai informasi  dan kebijakan terbaru dari Industri  otomotif Indonesia. Tujuannya agar dapat pengertian dan dukungan dari publik, demi pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia," tutur Yohanes.

Hingga semester pertama 2018,  penjualan otomotif domestik telah mencapai  554.000 unit, meningkat sekitar 38 persen dibandingkan periode yang sama.  Sedangkan proyeksi penjualan otomotif hingga akhir tahun diharapkan mencapai 1,1 juta unit.  
https://assets.blackxperience.com/content/blackauto/autonews/img-20180802-104926.jpg
Ekspor CBU hingga semester pertama 2018 sebesar 110.135 unit turun sedikit dibandingkan periode yang sama. Penurunan tersebut disebabkan perubahan regulasi ekspor di negara Vietnam, yang menjadi sektor penting untuk market ekspor otomotif Indonesia.

Produksi otomotif hingga semester pertama 2018 mencapai 635.000 unit, naik sekitar 6.1 persen. Sedangkan kapasitas produksi terpasang saat ini 2,3 juta unit pertahun.

Melalui penyelenggaraan GIIAS ini ada dua moment istimewa. Pertama sebuah deklarasi bahwa Indonesia telah memasuki era Euro4, sebagai komitmen kuat pemerintah mengurangi kadar emisi gas buang. Kedua, Presiden Jokowi yang membuka peresmian GIIAS kali ini dibarengi dengan peluncuran Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebagai satu parameter pencapaian industri di Indonesia. 

GIIAS sebagai pameran otomotif terbesar mendapatkan dukungan dari asosiasi otomotif dunia OIKA  yang berpusat di Prancis. Kelas GIIAS termasuk sebagai pameran otomotif dunia, seperti Detroit Motor Show, Frankfrut Motor Show, dan Toyota Motor Show. Melewati momen peluncuran 40 mobil baru, tentunya akan didukung oleh inovasi dan teknologi terkini, yang diusung oleh 250 brand otomotif terdiri dari Agen Pemegang Merek (APM) passenger car, commercial vehicle, dan industri pendukung otomotif. 

Launching akan dimulai pukul 12.00 siang ini di beberapa booth. Sedangkan kunjungan untuk umum baru dimulai pukul 17:00,  untuk hari pertama pembukaan GIIAS 2018 ini. Pengunjung juga mengunjungi booth Blackxperiemce.com yang berlokasi di hall 9. Disana terdapat game-game menarik yang memacu adrenalin BlackPals. [Ahs/timBX]

Tags :

#
giias 2018,
#
pameran otomotif,
#
gaikindo