MENU
icon label
image label
blacklogo

Javelin 1972, Muscle Car dengan Output 1100 hp Nampang di SEMA 2017

NOV 02, 2017@22:00 WIB | 452 Views

AMC  Javelin AMX  sebagai sosok muscle car  produksi 1972 kembali dibangun oleh tuner Ringbrothers dari Spring Green, Wisconsin, Amerika Serikat.  Sedan ini mampu menghasilkan power 1100 hp telah terpampang di pameran SEMA 2017, Las Vegas.

Sisi powertrain telah menanggalkan mesin lamanya, dan Ringbrothers mentranplantasi mesin Hellcat. Dengan kapasitas 6,2 liter, supercharged V-8 hanya menghasilkan output 707 hp. Hal ini dirasa tidak mencukupi ekspektasi power diatas 1.000 hp. Langkah selanjutnya, Ringbrothers mengangkat supercharger bawaan Hellcat, dan menggantinya dengan Whipple 4,5 liter. Hasilnya, sesuai ekspektasi, output power terangkat menjadi 1.100 hp.

Urusan kerangka body, diserahkan ke ahli antifreeze Prestone yang merayakan ultah ke-90. Dominasi warna kuning khas, oleh Ringbrothers disebut sebagai Jalop Gold.  Dominasi warna kuning keemasan digunakan untuk melapisi bagian besar kap mesin dari serat karbon. Selain itu fender depan, grille, dan front valance  telah menggunakan material yang ringan.

Pada suspense belakang menggunakan 4-link suspension, 12-bolt axle, side exhaust, dan system pengereman yang modern. Sementara Jim dan Make Ring sebagai founder Ringbrothers, telah akrab dengan produk Javelin sejak kecil. Pihak Prestone bertanya kepada Ringbrothers, terkait  body Javelin, dan Ringbrothers pun berhasil menyediakan body Javelin untuk dibangun kembali. Bagian depan ruang dudukan mesin harus dipotong total, untuk menyediakan ukuran Hellcat yang lebih besar.

Sebenarnya tidak terlalu pusing untuk urusan body. Javelin tercatat pernah diproduksi 3.220 unit. Javelin satu diantara sejarah deretan muscle car Amerika. Sentuhan desain dan body tetap mempertahankan gaya cool, sentuhan suspensi rendah dan body lebar. Ringbrothers hanya membutuhkan waktu 12 bulan, yang tergolong cepat untuk urusan builder.

Ternyata untuk penciptaan body sendiri, Ringbrothers telah mengadopsi 3D scanning dan 3D printing untuk pertama kalinya. Makanya, waktu pengerjaan tergolong cepat dalam hal cetakan bodi dan pemasangan. Javelin 1972 bukan satu-satunya produk Ringbrothers, ada Ford F-100 restomod dengan powertrain Coyote V-8 5 liter. Sedangkan the Defector Dodge Charger 1969, mengadopsi mesin Hemi V8 berkapasitas 6,4 liter. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
muscle car,
#
amc javelin amx,
#
ringbrothers