MENU
icon label
image label
blacklogo

Italdesign dan Airbus Pamer Mobil Terbang di Jenewa 2017

MAR 10, 2017@11:00 WIB | 249 Views

Ajang Geneva Motor Show 2017 juga dimanfaatkan oleh perusahaan asal Eropa, Airbus, untuk memperkenalkan mobil terbang. Dikembangkan oleh desainer asal Italia, Italdesign, mobil yang menyandang nama Pop. Up sebagai transportasi modular, bertenaga listrik dan tanpa emisi pertama yang dirancang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kota kota besar.

Pop.Up ini didesain bertujuan untuk “mengembalikan” waktu kepada para komuter melalui sebuah cara baru bepergian yang lebih fleksibel, terintegrasi, adaptif dan menempatkan penggunanya sebagai fokus utama.

Kendaraan Pop.Up menggabungkan fleksibilitas dari kendaraan darat dua-kursi berukuran kecil, dengan kebebasan dan kecepatan yang ditawarkan oleh kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL) dari kendaraan udara – dan dengan ini menjembatani ranah otomotif dan kedirgantaraan.

Untuk mengoperasikannya, penumpang tinggal memesan perjalanan melalui sebuah aplikasi yang mudah digunakan. Sistem akan secara otomatis menawarkan solusi transportasi terbaik – berdasarkan pengetahuan pengguna, waktu, kemacetan lalu lintas, biaya, permintaan ridesharing – menggabungkan baik modul udara, modul darat ataupun transportasi umum lainnya dengan kapsul penumpang, dan mengikuti pilihan serta kebutuhan penumpang.

Kunci utama dari konsep ini adalah sebuah kapsul: dirancang untuk mengakomodasi penumpang. Kapsul berbentuk kepompong yang dilengkapi dengan teknologi tinggi dan dibalut serat karbon monocoque ini memiliki panjang 2,6 meter, tinggi 1,4 meter, dan lebar 1,5 meter. Kapsul ini dapat bertransformasi menjadi city car dengan memilih modul darat yang dilengkapi dengan chassis berserat karbon dan bertenaga baterai.

 “Keberhasilan dalam merancang dan menerapkan sebuah solusi yang mampu bekerja baik di udara maupun di darat memerlukan refleksi bersama dari sektor kedirgantaraan dan otomotif, serta kolaborasi dengan badan pemerintah daerah untuk infrastruktur dan kerangka peraturannya. Italdesign, dengan rekam jejak mereka dalam menciptakan desain kendaraan yang luar biasa adalah mitra yang menarik bagi Airbus untuk proyek berkonsep unik ini, ujar Mathias Thomsen, General Manager untuk Urban Air Mobility di Airbus, saat memperkenalkan Pop.Up.

 “Italdesign adalah perusahaan jasa yang didirikan untuk memberikan layanan dan solusi mobilitas kepada pihak yang berkepentingan di seluruh dunia. Sudah tertanam dalam DNA kami untuk selalu mencari solusi masa depan yang mutakhir,” ujar CEO Italdesign Jörg Astalosch.

“Jika Anda ingin merancang kendaraan perkotaan masa depan, mobil tradisional tidak bisa berdiri sendiri sebagai solusi untuk kota-kota besar. Anda juga harus berpikir tentang infrastruktur yang berkelanjutan dan cerdas, aplikasi, integrasi, sistem tenaga, perencanaan kota, aspek sosial, dan sebagainya,” lanjut Astalosch.

“Kami melihat Airbus sebagai pemimpin di bidang kedirgantaraan adalah mitra yang sempurna yang juga mempercayai visi modern ini untuk masa depan kota-kota besar, dan dapat bersama-sama mengembangkan sebuah sistem transportasi lintas-moda yang berkelanjutan untuk kota-kota besar tersebut,” pungkasnya.[ddy/timBX]

Tags :

#
italdesign,
#
geneva motor show 2017,
#
geneva motor show,
#
blackauto,
#
mobil terbang,
#
airbus