MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Supercar 3 Kursi dari Scuderia Cameron Glickenhaus

NOV 21, 2017@16:25 WIB | 261 Views

Anda melihat mobil jalanan 'entry-level' dari Scuderia Cameron Glickenhaus. Ini adalah supercar bersayap bodi karbon, dengan mesin V8 bi-turbo 641 bhp, layout kabin bergaya McLaren F1 dengan perpindahan gigi manual, dan dijual mulai USD 400.000 Itu baru varian paling bawah.

Harga uang yang cukup besar untuk supercar pemula juga. Tapi pertimbangkan ini. Harga Ford GT lebih mahal, terjual habis, dan itu satu-satunya mobil yang bisa kita pikirkan yang menawarkan aerodinamika jalanan yang lebih gila daripada ini. Periksa saja bonnetnya itu. Itu mulut ikan hiu paus. Jadi mungkin SCG004S patut dipertimbangkan.

Terlebih lagi, Glickenhaus dan co memiliki silsilah yang benar dan terbukti dalam dunia balapan. Anda mungkin ingat James Glickenhaus adalah orang di balik Pininfarina P4/5, sebuah mobil satu-satunya yang mendedikasikan terhadap pembalap P3 tahun 60an yang mengejutkan dunia pada tahun 2004. Pada saat itu, rasanya gila untuk merombak sebuah Ferrari Enzo jadi mobil khusus yang terinspirasi retro. Sekarang ini dia menjadi mahakarya desain.

Glickenhaus kemudian menerapkan elemen desain itu ke mobil balap Ferrari F430 GT, dan membangun P4/5C, yang berkompetisi di Nürburgring 24 Hours hanya 18 bulan setelah pembuatan pertamanya. Dan sejak tahun 2015, SCG003 telah bersaing di ajang balap N24 itu dan bahkan meraih pole pada 2017, di depan Porsche, Audi, BMW dan Mercedes-AMG. SCG sepertinya tidak main-main dalam bisnis supercar.

Jadi, bahas lagi soal 004S, kalau begitu. Bukan nama yang cantik, atau mobil yang sangat cantik. Spesifikasi bagaimana? Menakjubkan. Berkat konstruksi bodi semua karbon, mobil tersebut cuma memiliki berat 1.179 kg – lebih ringan daripada McLaren F1, apalagi SCG004S memiliki tata letak tiga kursi. Lalu ambil McLaren 650S lawas sebagai perbandingan (kekuatan yang sama, chassis yang sama), dan SCG lebih berat sekitar 250 kg. Mobil SCG sepertinya harus buka buku lagi untuk diet. SCG mengklaim putaran redline di wilayah 8,200 rpm.

Belum ada klaim kecepatan: seberapa cepat Anda melesat dari 0-100 kpj akan tergantung pada seberapa lihai Anda dalam melakukan perpindahan gigi pada gearboks 6-speed-nya. Namun, jika Anda malas dan pemarah, (atau tanpa mau penggunaan batang gigi) SCG akan membuatkan model gigi paddleshift.

Dan untuk membawa sejarah SCG, Glickenhaus memiliki rencana untuk membangun versi balap GT3 dan GTE/GTLM, dengan harapan suatu saat bisa bersaing di Le Mans. Sebuah versi balap dari mobil jalanan yang dibuat oleh tim balap yang memulai proyeknya dengan mobil jalanan. Hmm, boleh juga.. [bil/timBX]

Tags :

#
supercar,
#
blackauto,
#
autonews