MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 12 Mobil Sport yang Sangat Langka (Part 2)

DEC 01, 2020@17:00 WIB | 279 Views

7. Pagani Zonda Revolucion (Lima Unit Diproduksi)

Iterasi terakhir dari Pagani Zonda R adalah mobil bombastis yang disebut Zonda Revolucion. Pagani mengambil tubuh Zonda R dan menambahkan banyak peningkatan aerodinamis, dan menambahkan Drag Reduction System ke sayap belakang. Aerodinamika baru diperlukan karena mesin Mercedes-AMG GT 112 sekarang menghasilkan tenaga 789 hp dan torsi 538 lb-ft. Tenaga tersebut ditransfer ke roda oleh gearbox sekuensial 6 kecepatan Xtrac 672 yang mengubah gigi dalam waktu 20 milidetik. Biaya untuk lima orang yang cukup beruntung untuk membeli satu dengan harga $ 2,8 juta (sekitar Rp40 miliar).

8. Shelby Cobra 427 Super Snake (Dua Unit Diproduksi)

Ini bukan Shelby pertama yang ditampilkan dalam daftar ini, tetapi ini jelas merupakan tambahan yang berharga. Carroll Shelby dikenal karena melampaui batas, tetapi dalam kasus 427 Super Snake, Shelby melangkah lebih jauh pada tahun 1966 dan menambahkan dua supercharger Paxton, hampir menggandakan tenaga kuda dari Ford V8. "Ini adalah Cobra legal jalanan tercepat yang pernah saya miliki," kata Shelby tentang mobil 800 hp.

Mobil lain dijual kepada komedian Bill Cosby yang sekarang malu, yang mengembalikannya setelah mengendarai Super Snake hanya sekali. Itu kemudian dijual kepada orang lain, dan mobil itu hancur karena kecelakaan, menewaskan pengemudinya. Model yang bertahan memiliki berat hanya 2.500 lbs(1134 kg), dan Shelby mengklaim itu akan mencapai 60 mph hanya dalam waktu tiga detik.

9. Schuppan 962CR (Enam Diproduksi)

Pembalap Vern Schuppan membuat penghormatannya sendiri untuk kemenangannya di Le Mans 24 Jam tahun 1983 dan kemenangan Kejuaraan Prototipe Olahraga Seluruh Jepang. Versi road-legal dari Porsche 962 didanai oleh investor Jepang yang juga mendukung tim balap Schuppan. Reynard Motorsport membangun sasis, dan perakitan terakhir dilakukan di Inggris. Itu diproduksi antara 1992 dan 1994, yang ternyata bukan waktu terbaik untuk membangun dan menjual mobil senilai $1,5 juta (sekitar Rp21,2 miliar) ini. Antara biaya dan resesi di seluruh dunia, Schuppan akhirnya bangkrut dengan hanya enam dari 600 road legal race car yang dibuat. Dua telah jatuh, jadi hanya empat yang tersisa.

Baca: Inilah 12 Mobil Sport yang Sangat Langka (Part 1)

10. Lamborghini Veneno Coupe (Lima Yang Diproduksi)

Lamborghini merayakan hari jadinya yang ke-50 dengan salah satu mobil produksi termahal yang pernah dibuat. Masing-masing dari tiga coupe menghabiskan biaya $4 juta (sekitar Rp56,5 miliar). Sementara satu unit pengembangan dan satu varian produksi akhir juga dibuat, keduanya dipertahankan oleh Lamborghini. Merek Italia kemudian menindaklanjutinya dengan menjalankan sembilan Roadster terbatas. Veneno didasarkan pada Lamborghini Aventador tetapi lebih bertenaga, dengan 740 hp yang dihasilkan oleh mesin V12 6,5 liter. Ia juga memiliki bodi baru dengan aliran udara dan downforce yang lebih baik serta roda pengunci tengah yang dirancang seperti turbin untuk mengarahkan udara ke sistem carbon-ceramic braking system.

11. Laraki Epitome (Sembilan Unit Yang Direncanakan)

Pada tahun 2013, seorang desainer dan pengusaha Maroko bernama Abdesslam Laraki meluncurkan Laraki Epitome senilai $ 2 juta (sekitar Rp28,3 miliar) di Pebble Beach. Ini fitur bodi serat karbon dan berat hanya 2.800 lbs (1270 kg) yang ditenagai oleh mesin V8 yang sama dengan mesin Corvette C6, tetapi disetel untuk menghasilkan 1.200 hp dengan bahan bakar 91-oktan. Dengan bahan bakar 110-oktan, Laraki mengklaim Epitome akan menghasilkan 1.750 hp. Hanya sembilan yang dijadwalkan akan dibangun, dengan satu dipesan oleh artis hip-hop, Montana Prancis.

12. Koenigsegg CC8S (Enam Yang Diproduksi)

CC8S adalah mobil produksi Koenigsegg, diluncurkan setelah delapan tahun penelitian dan pengembangan. Ini menggunakan mesin Ford V8 4,7 liter supercharged untuk menghasilkan 655 hp dan torsi 553 lb-ft untuk mendorong CC8S hingga 62 mph dalam waktu kurang dari 3,5 detik. Itu adalah dua tempat duduk dengan targa top yang dapat disimpan dalam frunk saat mesin dipasang di tengah. Daftar tekniknya yang luar biasa panjang, tetapi yang menarik adalah sasis serat karbon yang diperkuat Kevlar, panel bodi serat karbon, dan penggunaan pertama pintu penggerak heliks sinkronisasi dihedral Koenigsegg. Desain ini memenangkan beberapa penghargaan untuk desainnya dan menempatkan Koenigsegg di peta meskipun hanya enam yang sedang dibangun. [ibd/timBX]

Tags :

#
mobil sport,
#
mobil sport terlangka,
#
mobil sport limited edition,
#
pagani zonda r