MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 12 Mobil Sport yang Sangat Langka (Part 1)

DEC 01, 2020@10:30 WIB | 264 Views

Mobil produksi terbatas bukanlah hal baru, kendaraan eksklusif yang dibangun dengan harga ratusan dan ribuan dollar bertindak sebagai halo car, menciptakan kolektibilitas untuk suatu merek, dan dapat berfungsi sebagai tahap pengembangan untuk konsep dan teknologi baru. Namun, terkadang, pembuat mobil akan membuat kurang dari model, atau terkadang, bahkan satu digit. Alasan dapat bervariasi antara pembuatan mobil yang sangat mahal sehingga produksi yang lebih lama sulit untuk dibenarkan, atau hanya satu atau dua pelanggan yang menginginkan gaya bodi yang berbeda berdasarkan sasis yang ada.

Berikit adalah mobil produksi yang diproduksi hanya “sepuluh atau kurang” unit yang menjadi kini menjadi langka:

1. Chevrolet Corvette ZL1 1969 (Dua Atau Tiga Diproduksi)

Menurut catatan produksi Chevrolet, hanya dua Corvette pilihan ZL1 yang dibuat dan dijual pada tahun 1969. Dengan harga $ 10.048 (sekitar Rp142 juta) pada akhir tahun 1960-an. ZL1 Corvette dengan mesin all-aluminium 427 inci kubik adalah peralatan yang mahal. Selain kotak ZL1 yang dicentang, poros belakang Positraction, suspensi depan dan belakang khusus, rem, dan sistem pengapian transistor juga perlu dipilih untuk mendapatkan lencana ZL1.

Dulu, majalah Road & Track memegang salah satu mobil yang diuji dan menghitung waktunya mencapai 60 mph dalam 4,0 detik dan menempuh seperempat mil dalam 11 detik. Ini adalah saat-saat yang menyenangkan sekarang, tetapi sangat cepat untuk sebuah mobil yang dapat Anda pesan dan ambil di dealer pada akhir tahun 1960-an. Sekarang, kedua kendaraan itu bernilai jutaan dolar.

2.   Lykan HyperSport (Tujuh Diproduksi)

Pada saat produksi antara 2013 dan 2017, Lykan HyperSport adalah mobil produksi termahal ketiga yang pernah dibuat. Untuk tujuh orang yang mampu membelinya dan memasukkan nama mereka ke dalam daftar, biayanya $ 3,4 juta (sekitar Rp48 miliar). Hypercar ini adalah kolaborasi antara insinyur Lebanon dan Italia serta dirancang dan dibangun di Timur Tengah. Ketujuh mobil tersebut ditenagai oleh mesin flat-six twin-turbocharged menghasilkan 780 hp, dengan tenaga yang dikendalikan oleh manual sekuensial 6-percepatan atau transmisi kopling ganda 7-percepatan. W Motors mengklaim Lykan HyerSport akan mencapai 60 mph dalam 2,8 detik dan melaju ke 245 mph (394 km/jam).

3.    Maybach Exelero (Hanya Satu Diproduksi)

Hanya satu Maybach Exelero yang diproduksi, dan dipesan oleh anak perusahaan Jerman dari Goodyear Tire & Rubber Company bernama Fulda. Tugasnya adalah menguji dan memamerkan rangkaian ban Carat Exelero dan dibangun atas kerja sama dengan DaimlerChrysler, pemilik Maybach pada saat itu. Exelero didukung oleh mesin V12 twin-turbo Maybach, yang menghasilkan tenaga 690 hp dan, yang lebih mengesankan, torsi 752 lb-ft hanya pada 2.500 rpm. Exelero memiliki sejarah yang menarik sejak dibangun dan digunakan oleh perusahaan ban. Itu ditampilkan dalam acara TV polisi Jerman Cobra 11, kemudian dibeli oleh rapper Amerika, Birdman. Kemudian dibeli lagi oleh restomodder Jerman, Mechatronik. Dalam perjalanannya, Exelero telah ditampilkan dalam video musik Jay-Z dan acara anime Jepang bernama Nisekoi.

4.   Icona Vulcano Titanium (Hanya Satu Diproduksi)

Icona adalah rumah desain dan coachbuilder yang didirikan di Turin dan berbasis di Shanghai. Perusahaan hanya membangun satu Vulcano Titanium karena, seperti namanya, bodi mobil dibuat menggunakan banyak titanium dan sangat mahal serta memakan waktu untuk membuatnya. Menurut Icona, mobil tersebut tidak mungkin untuk diulang, karena butuh lebih dari 10.000 jam pengerjaan tangan untuk menyelesaikannya. Mobil itu ditampilkan sebagai etalase dan kemudian dijual seharga $ 2,78 juta (sekitar Rp39,2 miliar). Sebagai perbandingan, bagian mobil lainnya relatif konvensional. Ini didukung oleh V8 6.2 liter yang ditarik dari C6 Corvette ZR-1, dipasang di bagian tengah belakang, mencapai 60 mph dalam 2,8 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi 220 mph (354 km/jam).

5.   Hennessey Venom GT Spyder 2011 (Enam Dibangun)

Hennessey Performance merayakan ulang tahun ke-25 dengan pengumuman bahwa Venom GT Spyder-nya telah menjadi mobil convertible tercepat di dunia. Didorong oleh direktur Ford Performance Racing School Brian Smith, Venom GT Spyder mencapai kecepatan tertinggi 265,6 mil (356 km) per jam. Mobil yang ditenagai oleh mesin V8 7.0 liter menghasilkan tenaga 1.451 hp yang ekstrim dan torsi 1.287 lb-ft, versi Spyder ada karena penyanyi Aerosmith, Steven Tyler, menginginkan mobil versi convertible. Hennessey membatasi mobil menjadi lima unit, ditambah model "Edisi Akhir".

6.   Shelby Cobra 427 Continuation 1991 (Sembilan Unit Diproduksi)

Di atas kertas, mengambil roadster Inggris yang baru-baru ini dihentikan dari tahun 1950-an dan menempelkan V8 Amerika yang besar di dalamnya terdengar seperti resep bencana. Tapi Carroll Shelby bukan hanya pengemudi yang hebat dia juga seorang penipu Texas dari urutan tertinggi. Cobra adalah ikon otomotif, tetapi hanya 998 yang benar-benar dibuat dalam produksi yang berlangsung dari tahun 1961 hingga 1968, termasuk streetcars dan competition cars. Pada tahun 1991, Shelby memutuskan untuk memanfaatkan beberapa sasis yang tidak terpakai dan membangun Cobra 'penyelesaian' untuk dijual. Ia ingin menjualnya sebagai model 1965, tetapi akhirnya menjadi model 1991. Namun, Department of Motor Vehicles hanya akan mengeluarkan judul yang distempel untuk penggunaan off-road. Akibatnya, Shelby hanya membangun sembilan dari Completion Cobra. [ibd/timBX]

Tags :

#
mobil sport,
#
mobil sport terlangka,
#
halo car,
#
chevrolet corvette zl1