MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 11 Mobil Ford Langka dan Memikat (Part 1)

JUL 02, 2020@17:00 WIB | 406 Views

Dari mobil reli Grup B yang homolog hingga truk Bigfoot.

Ford memiliki lencana mobil yang paling dikenal di dunia dan terkenal karena mengubah produksi massal menjadi bentuk seni dengan Henry T. Model T. Blue Oval masih menghasilkan sejumlah besar mobil, truk, van, dan bahkan traktor setiap tahunnya. Untungnya, Ford adalah perusahaan berlapis, dan tidak hanya menghasilkan peralatan yang diproduksi secara massal untuk keluarga. Baik untuk track atau jalan, ada beberapa lintasan terbatas pada beberapa mobil dan truk yang luar biasa dan menarik. Ini adalah kendaraan Ford favorit yang tersedia hanya dalam jumlah kecil.

1. Perayaan Ulang Tahun ke-45 Lee Iacocca Mustang

Bagi penggemar Ford Mustang, merupakan sebuah mobil yang sudah menjadi legenda. Dibangun dalam kemitraan dengan Galpin Ford di California, dealer Ford nomor satu di dunia, dan di bawah payung yang sama dengan Galpin Auto Sports yang legendaris. Warisan paling ikonik dari eksekutif otomotif Lee Iacocca adalah Mustang, dan hanya 45 mobil konsep yang dibuat nyata dibuat. Paket penampilannya eksklusif, dan di bawah kap adalah versi supercharged dari Modular V8 4,6 liter 400 tenaga kuda.

2. Ford RS200

Jika Anda ingin membuat penggemar motorsport Eropa bergembira, dengan memperlihatkan gambar Ford RS200. Mobil luar biasa ini dirancang dan dibangun di Inggris untuk satu tujuan: untuk mendominasi reli Grup B. Mendapat dukungan dari mesin 1,8 liter Cosworth mid-mount turbocharged yang mengirim sekitar 250 hp untuk four wheel roda dalam model homologasi. Dalam trim balap, mesin mendorong tenaga antara 350 dan 450 hp, tergantung pada tune. Ghia menata bodi fiberglass, dan beratnya hanya 2.315 pon (sekitar 1050 kg).

Pada tahun pertama kompetisi, mobil baru sulit dikendarai tetapi menunjukkan banyak janji. Kemudian, selama musim pertamanya, RS200 terlibat dalam salah satu kecelakaan paling tragis dalam sejarah balap Kejuaraan Reli Dunia yang diikuti oleh kecelakaan reli lain yang melibatkan RS200 hingga mengakibatkan kematian. Kecelakaan itu memulai reaksi berantai yang membuat kelas Grup B dihapuskan oleh FIA dan mengakhiri era emas reli. Akibatnya, hanya 200 versi road-going yang dibuat untuk homologasi, dan nomor 200 disimpan di Ford Heritage Centre di Inggris.

3. Ford Mustang McLaren M81

Saat Ford mulai bergerak melewati Mustang II yang membawa malapetaka, langkah selanjutnya adalah generasi Fox-body. Peraturan emisi baru menghambat Mustang baru. Akibatnya, Ford perlu membangkitkan minat pada gagasan Mustang yang ditenagai mesin turbo empat silinder 2,3 liter. Pada 1980, Ford bermitra dengan McLaren untuk membuat prototipe yang memamerkan mesin McLaren buatan tangan dan luasnya bagian aftermarket dan motorsport Ford. Konsep itu menjadi kenyataan, dengan 249 yang akan dibangun. Namun, Ford memiliki sedikit peminat, dan akhirnya hanya sepuluh yang dibangun. Tujuh di antaranya berwarna cerah dengan cat yang bernama Bittersweet Orange.

Kuda besi ini terlalu mahal untuk pasar, tetapi mobil yang sangat buruk. Mesinnya saat itu menghasilkan 175 hp. Namun, daftar peralatan standar di luar body kit termasuk kursi Recaro, roda kemudi Racemark, pengukur instrumen Stewart-Warner, suspensi Koni, rem yang ditingkatkan, ban Firestone HPR, dan roll bar bolt-in.

4. Ford Thunderbird Edisi Terbatas 007

Penempatan produk dalam film semakin intens sejak Halle Berry mengendarai Ford Thunderbird 2003 di film Die Another Day. Pemutaran ulang gaya retro convertible dari Thunderbird adalah masalah besar pada saat itu, dan 700 unit dari model edisi khusus dibuat, semuanya dalam warna Coral warna yang sama yang digunakan pada mobil film untuk mencocokkan bikini Halle Berry. Interior full leather ditawarkan dalam warna putih dengan aksen hitam. Lencana '007', dipasang di sisi penumpang dasbor dan plakat peringatan dipasang di glovebox. Di bawah kap, desain mesin Jaguar yang dirancang 3,9 liter V8 adalah versi berikutnya yang menghasilkan 280 hp dan torsi 286 lb-ft.

5. Ford GTX1 Roadster

GTX1 muncul ketika Ford memberikan persetujuan kepada Genaddi Design Group untuk melakukan produksi terbatas roadsters berbasis Ford GT. GTX1 lebih dari sekadar Ford GT dari tahun 2000-an dengan atapnya terpotong. Panel atap dapat dilepas untuk membuat konfigurasi T-top atau Targa. Awalnya, rencananya adalah membangun 500 model standar dan 100 mobil edisi khusus SEMA, tetapi hanya sekitar 100 yang dibuat secara total selama dua tahun.

6. Ford GT40 1964 Prototype

Shelby American hanya menyiapkan dua GT40 untuk musim balap 1965, dan ini adalah salah satunya. Mereka adalah mobil yang dikirim ke Shelby dari Inggris ketika ia bergabung dengan program balap Ford yang berkampanye untuk mengalahkan Ferrari di Le Mans. Mobil ini adalah sasis GT / 104 yang memulai kebangkitan GT40 untuk mengalahkan Ferrari. Tim Shelby, termasuk pembalap Inggris Ken Miles, pergi ke kota dengan suspensi belakang, aerodinamika, dan pengurangan berat mobil. Mesinnya juga ditingkatkan secara drastis, dan, dengan mengenakan kostum New Guardsman berwarna biru dengan skema warna garis putih, GT / 104 membuktikan bahwa proyek tersebut memiliki kaki dengan menembus garis finish pertama dan ketiga di Daytona pada awal musim 1965. [ibd/timBX]

Tags :

#
mobil ford langka,
#
truk bigfoot,
#
mobil reli,
#
ford mustang