MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Dia Asal Muasal Lahirnya Nama 10 Ikon Mobil (Part 2)

JUN 06, 2020@09:30 WIB | 150 Views

6. Dodge Viper

Asal-usul Dodge Viper dimulai dari Bob Lutz yang datang dengan ide untuk membangun Shelby Cobra modern. Tugas membangun mobil itu kemudian didelegasikan ke Tom Gale. Kemudian, ketika Gale mengunjungi Italia untuk bertemu dengan Giorgetto Giugiaro yang legendaris dari studio Italdesign mengenai proyek yang berbeda, ditemukan nama yang tepat yaitu Viper.

Menurut Gale via MotorTrend, "Saat makan malam bersama, saya berkata kepada Giorgetto, kami sedang mencari nama untuk mobil mirip Cobra yang kami lakukan, lalu saya bertanya, 'Apa nama ular dalam bahasa Italia?' Dan dia berkata, 'Vipera.' Dan saya mengucapkan terima kasih dengan rasa bersyukur. “Tidak perlu banyak bicara. " Dia kemudian menjelaskan, "Tidak ada di antara kita yang memikirkan Viper pada saat itu, dan saat itulah saya menemukan kata yang tepat yaitu Dodge Viper.

7. Chevrolet Corvette

Ketika Chevrolet membawa Corvette ke pasar pada tahun 1953, merek tersebut membutuhkan nama yang dimulai dengan C tetapi tidak ingin memberinya nama hewan. Lebih dari 300 nama diajukan, tetapi tidak ada yang dianggap cocok. Kemudian, Myron Scott yang bekerja di bagian humas / periklanan Chevy pada saat itu, memutuskan untuk membuka kamus dan membaca bagian "C", dan melihat apa yang bisa dia dapatkan.

Ia menemukan kata corvette, didefinisikan sebagai kapal perang kecil yang dirancang untuk tugas pengawalan konvoi. Kata corvette telah menjadi perhatian publik melalui Perang Dunia II dan bekerja dengan sempurna. Nama itu meluncur dari mulut, dan lebih mudah membuat pergaulan para lelaki Amerika yang menginginkan kendaraan yang cepat, bermanuver, dan agresif.

Baca: Ini Dia Asal Muasal Lahirnya Nama 10 Ikon Mobil (Part 1)

8. Volkswagen Beetle

Beetle memiliki sejarah panjang dan bertahap, tetapi sejak awal pada tahun 1930-an dan hingga 1968, penunjukan resminya adalah Volkswagen Type 1, dan hanya dipasarkan sebagai Volkswagen. Dari mana nama Beetle berasal tidak jelas, tetapi nama panggilan itu kemungkinan besar muncul di Inggris pada awal 1950-an. John Colborne-Baber memiliki salah satu model Tipe 1 pertama yang mendarat di Inggris, dan salah satu teman putranya menjulukinya "the Beetle".

Nama itu mulai muncul di majalah-majalah yang mengacu pada Volkswagen, tetapi kumbang (beetle) dalam koma terbalik dan tanpa huruf kapital. Di Jerman, itu dikenal sebagai Käfer (Jerman untuk Beetle), dan kemudian dipasarkan dengan nama. Akhirnya, pada tahun 1968, Tipe 1 secara resmi menjadi Beetle.

9. Porsche Carrera GT

Nama Carrera muncul sepanjang sejarah Porsche, tetapi contoh paling ikonik adalah supercar Carrera GT. Pertama kali nama Carrera muncul pada tahun 1972, yang berarti balapan atau berlari. Secara khusus, Porsche merujuk pada lomba ketahanan Meksiko Carrera Panamericana, di mana merek tersebut sukses besar dengan model 550 Spyder-nya.

Yang pertama dari lima balapan adalah pada tahun 1950 dan berlari ke bagian utara-selatan Meksiko dari Pan-American Highway selama lima hari. Itu dikenal sebagai balapan paling berbahaya dari semua jenis di dunia, tetapi itu tidak menghentikan pembalap terkenal dari seluruh dunia, termasuk pembalap Formula Eropa Amerika NASCAR dan pembalap mobil Indy.

10. Lamborghini Diablo

Ini merupakan fakta yang terkenal bahwa Lamborghini suka memberi nama mobilnya setelah bertarung dengan sapi jantan. Diablo berarti "setan" dalam bahasa Spanyol, tetapi itu juga nama binatang buas yang dibesarkan oleh Adipati Veragua pada abad ke-19 yang berperang panjang dan bersemangat melawan El Chicorro pada tahun 1869. Adu banteng adalah olahraga yang sangat biadab, bentuk seni, atau acara budaya, tergantung pada cara Anda berpakaian. Diablo adalah ikon, tetapi Lamborghini lebih suka nama Reventon karena itu juga nama banteng yang mengalahkan matador pada tahun 1943.

Juga perlu dicatat, dilaporkan bahwa Lamborghini beralih dari penamaan mobilnya setelah melawan sapi jantan dan Huracan adalah bahasa Spanyol untuk badai. Bagian terakhir adalah benar, tetapi Huracan juga nama banteng terkenal yang bertarung pada 1879. [ibd/asl/timBX]

Tags :

#
sejarah ikon mobil,
#
dodge viper,
#
chevrolet corvette,
#
volkswagen beetle,
#
porsche carrera gt