MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Dia Asal Muasal Lahirnya Nama 10 Ikon Mobil (Part 1)

JUN 05, 2020@16:30 WIB | 256 Views

Salah satu kekecewaan besar dari mobil modern adalah seringnya nama mereka diperdagangkan untuk pengindetifikasian karakter mobil tersebut. Keuntungan nama asli dari mobil tersebut untuk mempertegas karakter kendaraannya. Seperti terdapat nama mobil Volkswagen Golf dinamai Gulf Stream, Jetta adalah bahasa Jerman untuk "Jet Stream", dan Scirocco dinamai berdasarkan angin Mediterania yang panas, seperti Maserati Levente. Jadi, berikut adalah beberapa kisah asal yang paling menarik dari nama-nama mobil ikonik.

1.   Ford Mustang

Ada lebih dari satu cerita di luar sana tentang bagaimana Ford Mustang mendapatkan namanya. Menurut desainer Ford John Najjar, ia melempar nama Mustang yang berbasis di sekitar pesawat tempur P-51 Perang Dunia II, tetapi ditolak mentah-mentah. Dia suka dan percaya pada nama itu, jadi dia melemparnya lagi karena kecepatan dan kekuatan kuda yang mewakilinya.

Para petinggi Ford menyukai gagasan yang dibingkai seperti itu, dan karenanya sebuah ikon lahir, dan logo Mustang termasuk gambar seekor kuda. Fakta bahwa Mustang adalah jenis kuda eksklusif Amerika mungkin juga ada hubungannya dengan itu.

2.   Pagani Huayra

Pagani Huayra berasal dari arti angin yang sangat dingin. Ini mengacu pada Huayra-Tata, dewa yang disembah sebagai "Father of Wind ", oleh penghuni Andes Bolivia dan Peru sebelum dijajah bangsa Eropa. Huayra-Tata dipuja karena angin topan dahsyat serta dapat menurunkan hujan. Dewa itu digambarkan sebagai sosok manusia dengan dua kepala dan ular melingkar di sekelilingnya dan dikatakan memanifestasikannya dalam bentuk angin puyuh.

Nama ini disukai untuk hypercar modern, karena Huayra-Tata disembah sebagai pembawa penciptaan dan kehancuran. Bolivia juga merupakan rumah bagi katak Telmatobius Huayra, tetapi itu tidak akan semegah Huayra-Tata.

3.   Chevrolet Camaro

Ketika Chevrolet menunjukkan kepada dunia Camaro pada tahun 1966, GM mengirimkan telegram kepada sekitar 200 wartawan yang mengatakan, "Semoga Anda bisa membantu menggaruk kucing." Pesan tumpul ini adalah referensi Camaro yang diberi nama kode Panther melalui produksinya. Namun, Chevrolet membutuhkan nama yang dimulai dengan C untuk tetap dalam konvensi penamaan Chevrolet pada saat itu.

GM jelas bersenang-senang ketika Camaro pertama kali diluncurkan, dan manajer produk mengatakan kepada pers bahwa Camaro adalah binatang kecil dan ganas yang dapat memakan Mustang. Juga dilaporkan bahwa kata Camaro berasal dari istilah yang diterjemahkan sebagai "teman" atau "kawan" dari kamus bahasa Prancis Bob Lund dan Ed Rollett. Namun, kata itu adalah "camarade" dalam bahasa Perancis. Pada kenyataannya, Camaro adalah kata yang dibuat-buat karena terdengar keren.

4.   Tesla Model 3

Jika Anda ingin tahu mengapa konvensi penamaan Tesla menggunakan huruf, tetapi Model 3 menggunakan nomor, alasannya mengejutkan. CEO Elon Musk telah merencanakan lini model Tesla untuk memulai dengan Model S dan mengeja kata SEXY CARS. Sayangnya untuk Musk, Ford meraih merek dagang Model E sebelum Tesla, dan ia harus puas dengan SEXY.

"Kenapa kamu mencuri Tesla E? Seperti kamu semacam tentara fasis yang berbaris di alfabet, semacam perampok Sesame Street?," tukas Musk pada saat itu. Tentu saja, Musk dengan mudah lupa bahwa dia menggunakan konvensi penamaan yang sama dengan Ford yang telah menggunakannya lebih dari 100 tahun yang lalu dan bahwa Tesla juga merupakan surat merek dagang. Ford pertama kali melamar Model E pada tahun 2000, dan mobil produksi pertama Ford adalah Model A, B, C, F, K, N, R, dan S. Namun demikian, Musk masih terus berharap, bila Tesla masih bisa mendapatkan Model A dan Model F.

5.   Lamborghini Countach

Ada dua cerita utama tentang bagaimana Countach mendapatkan namanya, dan tidak ada yang tetap dengan tradisi Lamborghini tentang penamaan mobil setelah banteng pertempuran yang terkenal. Menurut salah satu petinggi Lamborghini, kata itu sendiri berasal dari kata dialek Piedmontese Cuntacc yang berarti "wabah" atau "penularan," tetapi lebih banyak digunakan untuk mengekspresikan keheranan.

Kisah lainnya, dan lebih mungkin, adalah "Cuntacc!" adalah reaksi seorang penjaga keamanan ketika ia pertama kali melihat model prototipe mobil skala 1: 1. Menurut cerita itu, dan Lamborghini, Cuntacc hanyalah ekspresi keheranan, seperti "wow." Tidak ada definisi kamus dalam kenyataan, tetapi di Piedmontese, itu adalah ekspresi kasar atau kuat yang mirip dengan "Sial!" Namun demikian, Lamborghini mengubah ejaannya. [ibd/asl/timBX]

Tags :

#
sejarah nama ikon mobil,
#
ford mustang,
#
pagani huayra,
#
chevrolet camaro