MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Klaim Desain Roda Baru Akan Membuat EV Lebih Efisien

DEC 02, 2023@14:00 WIB | 197 Views

Hyundai Motor Group meluncurkan Universal Wheel Drive System (Uni-Wheel), sebuah desain roda baru yang diklaim merevolusi desain produk mobilitas masa depan, khususnya kendaraan listrik.

Singkatnya, Uni-Wheel mengintegrasikan gigi reduksi EV (transmisi) di dalam bagian berongga roda. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk merekayasa cara mengemas sambungan CV dan poros penggerak dengan rapi sekaligus memastikan motor dapat menyalurkan tenaga lebih efisien ke roda. Jadi, dengan menggunakan desain Uni-Wheel, kendaraan listrik bisa mendapatkan lebih banyak ruang interior dan lebih banyak ruang untuk baterai.

Uni-Wheel mengkompromikan konfigurasi roda gigi khusus yang terbuat dari "roda gigi pusat sun gear", yang dikelilingi oleh empat roda gigi pinion dan satu roda gigi ring. Tenaga yang dihasilkan oleh motor EV dikirim ke sun gear, yang memutar roda gigi pinion, yang kemudian mengaktifkan roda gigi lingkar luar.

Saat sistem Uni-Wheel melintasi permukaan jalan, seluruh rangkaian roda gigi dirancang untuk bergerak ke berbagai arah seperti giroskop, sehingga menghilangkan kebutuhan akan sistem suspensi tradisional dan sambungan CV konvensional.

Selain berpotensi membuat model kendaraan listrik masa depan Hyundai dikemas lebih baik dan lebih lega, produsen mobil Korea tersebut mengatakan hal itu juga dapat membuat kendaraan listrik menjadi lebih efisien. Tidak ada rincian yang diberikan mengenai berapa tingkat efisiennya, namun diduga hal ini dapat mengurangi hilangnya daya antara motor listrik dan roda.

Fenomena ini juga terlihat pada mesin pembakaran internal, di mana nilai keluaran mesin dan pembacaan dino berbeda karena diukur pada roda. Misalnya, Ford Mustang Dark Horse mengirimkan 428 tenaga kuda ke roda, lebih rendah dari output resmi sebesar 500 hp di atas kertas.

Namun karena desain Uni-Wheel, motor EV juga bisa ditempatkan lebih dekat ke roda. Hal ini memperpendek panjang transmisi daya dan dapat mengurangi kehilangan daya driveline. Diharapkan, pabrikan raksasa mobil Korea ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut segera, namun dalam hal efisiensi dan pengemasan, sistem baru ini tampak menjanjikan. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
hyundai,
#
ev