MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai IONIQ 5 Dinobatkan sebagai World Car of The Year 2022

APR 14, 2022@10:15 WIB | 234 Views

Hyundai Ioniq 5 dinobatkan sebagai pemenang besar di World Car Awards tahun ini. Hatchback listrik ini memenangkan tiga kategori, termasuk gelar bergengsi World Car of the Year 2022. Ioniq 5 termasuk di antara tiga finalis untuk penghargaan tersebut, mengalahkan Ford Mustang Mach-E dan Kia EV6, yang berbagi platform dengan Hyundai.

"Langkah perubahan di Hyundai akan terus berlanjut hingga sisa tahun 2022 karena kami akan segera menambah jajaran IONIQ pemenang penghargaan kami," kata Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company, tentang penghargaan tersebut.

Ioniq 5 juga memenangkan World Electric Vehicle of the Year. Dua finalis lainnya adalah Audi E-Tron GT dan Mercedes-Benz EQS, yang keduanya adalah model yang jauh lebih mahal daripada Hyundai. Kemenangan ketiga untuk Ioniq 5 ada di kategori World Car Design, mengalahkan Audi E-Tron GT dan Kia EV6.

"Kami benar-benar merasa terhormat menerima penghargaan bergengsi ini, karena telah mengakui serta menghargai bakat dan kerja keras semua orang dan mitra bisnis kami di Hyundai Motor Company," ujar Chang.

Hyundai saat ini sedang bersiap untuk memperluas jajaran Ioniq 5 dengan memperkenalkan varian N yang berfokus pada performa. Spy shot menunjukkan bahwa model sporty ini dilengkapi dengan ban yang lebih agresif, rem yang lebih besar, dan clearance ground yang lebih rendah. Output dan torsi dari varian N ini sendiri masih menjadi misteri, namun diperkirakan akan sama dengan Kia EV6 dengan output 576 hp karena berbasis pada platform yang sama.

Di kategori World Luxury Car, Mercedes-Benz EQS berhasil meraih kemenangan. Sedan listrik keluaran Mercedes ini berhasil mengalahkan BMW iX dan Genesis GV70. Toyota Yaris Cross meraih kemenangan di kelas World Urban Car. Model tersebut menang melawan Opel Mokka dan Volkswagen Taigun. Audi E-Tron GT EV sendiri mencetak kemenangan di divisi World Performance Car, mengalahkan gabungan BMW M3 dan M4 dan Toyota GR86 dan Subaru BRZ.

"Tujuan besar kami dengan Audi E-Tron GT adalah untuk menata kembali filosofi Gran Turismo untuk era listrik," kata Christiane Zorn, Kepala Pemasaran Produk Audi. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
hyundai ioniq 5,
#
world car of the year 2022,
#
hyundai,
#
ev