MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai dan Kia Recall 1,2 Juta Unit Karena Masalah Pada Mesin

APR 11, 2017@18:00 WIB | 161 Views

Hyundai dan Kia telah mengeluarkan surat pernyataan bahwa mereka berencana akan melakukan penarikan (Recall) beberapa model pabrikan asal Korea Selatan yang sudah dijual di pasar Amerika Serikat. Penarikan tersebut dilakukan, untuk mengatasi cacat yang terjadi pada kegagalan mesin.

Hampir 1,2 juta unit dari berbagai model seperti Hyundai Sonata lansiran 2014, Santa Fe Sport, Kia Optima 2011-2014, Sorento 2014, dan Sportage 2011-2013 harus melakukan perbaikan.

Kesalahan mesin ini disebabkan proses crankshaft pada mesin Theta dapat melepaskan puing-puing logam dibagian mesinnya, hingga membatasi aliran minyak untuk bantalan tersebut. Penurunan aliran minyak ini dapat menyebabkan bantalan terlalu panas dan aus.

Selain berisik, pengemudi dipastikan juga diperingkatkan akan kerusakaan melalui lampu oil pressure yang ada di instrument cluster. "Masalah pada mesin tersebut akan mengeluarkan suara mengetuk dari mesin yang dapat meningkatkan frekuensi sebagai mesin rpm meningkat," tulis Hyundai dari keteranagan resmi recall seperti dilansir Leftlane News.

Hyundai dan Kia tidak akan tinggal diam begitu saja, mengingat penjualan model yang kini mengalami masalah sudah terlalu banyak. Untuk menghindari hal itu, pihak perusahaan akan memberitahu kepada konsumen untuk melalukan pemeriksaan di dealer resmi dan mengganti mesin jika diperlukan. [ddy/timBX]

Tags :

#
hyundai,
#
kia