MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Pamer Berbagai Aneka Robot Konsep di CES 2018

JAN 12, 2018@14:30 WIB | 168 Views

Pada ajang Consumer Electronics Show 2018 (CES) yang tengah berlangsung sampai tanggal 12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Honda memperkenalkan desain robot serta Artificial Intelligence (AI).  Robot ini dikembangkan dengan konsep 3E (Empower, Experience, Empathy), display Honda tersebut ditampilkan untuk memaparkan visi dimana teknologi robot dan AI dapat membantu manusia dalam berbagai situasi.

Prinsip 3E yang dianut dalam pembuatan robot konsep adalah bagian dari fokus utama Honda di CES 2018, yaitu robotika, mobilitas dan manajemen energi. Di CES 2018, Honda juga mendirikan booth Mobile Power Pack World yang menampilkan beragam alat bertenaga baterai yang dapat diganti dan diisi ulang, serta exchanger system yang memudahkan penyimpanan untuk suplai listrik berlebih.

President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto mengatakan, pihaknya telah memasuki era dimana robot akan menjadi esensial di keseharian kita, dan robot memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

3E – Empower

“Empower” menggambarkan sebuah konsep dimana robot dan manusia dapat bekerjasama dengan memperkuat kelebihan masing-masing. Honda mendemonstrasikan ide ini melalui 3E-D18, sebuah robot otonom dengan teknologi AI yang dilengkapi dengan drivetrain bertenaga listrik dan dapat membantu berbagai aktivitas manusia seperti Search and Rescue (SAR), pemadam kebakaran, konstruksi, agrikultur dan pekerjaan rumah tangga.

3E – Empathy

“Empathy” menggambarkan konsep dimana robot dapat memiliki empati saat melakukan kegiatan bersama manusia. Untuk mewujudkan konsep ini, Honda telah mengaplikasikan AI ke dalam robot 3E-A18 yang dapat menjadi pemandu di beberapa tempat seperti bandara dan pusat perbelanjaan, serta memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dan memiliki kepedulian terhadap kebutuhan individu dan kelompok melalui analisa terhadap ekspresi wajah dan lingkungan di sekitarnya.

Mobile Power Pack World

Pada pameran Mobile Power Pack World, Honda memaparkan bagaimana sumber energi terbarukan dapat diaplikasikan kedalam berbagai peralatan.Untuk menghindari kelebihan suplai listrik yang terbuang sia-sia, Honda menciptakan Honda Mobile Power Pack untuk menyimpan suplai listrik berlebih kedalam baterai portabel. Alat ini dapat diganti dan diisi ulang sehingga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk beragam situasi. Setiap Honda Mobile Power Pack memiliki output sebesar 1 kWh atau lebih dan beberapa buah Power Pack dapat digunakan secara serentak sebagai sumber energi untuk kendaraanlistrik berukuran kecil.

Selain itu, Honda menampilkan Mobile Power Pack Charge & Supply – Expandable Concept, yang dapat digunakan sebagai sumber listrik di dalam rumah yang mengakomodasi banyak alat elektronik. Mobile Power Pack dapat berkomunikasi dengan perangkat lain sertamengumpulkan data mengenai bagaimana alat tersebut digunakan, kemudian mengirimkan data tersebut ke perangkat lain saat sedang melakukan pengisian daya.

Selanjutnya, Honda menampilkan Honda Mobile Power Pack Exchanger Concept yang dapat ditempatkan di beberapa lokasi untuk menyuplai penggantian baterai bagi pengguna kendaraan listrik berukuran kecil, serta melakukan pengisian listrik kedalam banyak unit Power Pack secara serentak. Selain itu, Exchangers dapat menjaga ketersediaan listrik dengan menyuplai listrik dari Power Pack ke dalam jaringan stasiun saat permintaan listrik tinggi.

Honda juga menampilkan Honda Mobile Power Pack 4W-Vehicle Concept, sebuah kendaraan EV ramah lingkungan yang didesain dengan slot untuk dua Power Pack di setiap sisi. [ddy/timBX]

Tags :

#
ces 2018,
#
consumer electronics show 2018,
#
consumer electronics show,
#
blackauto,
#
autonews