MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Civic 90-an Candy Red Apple Ini Lebih Muscle dengan Mesin K20A Type R

MAY 23, 2021@14:00 WIB | 586 Views

Deretan sedan Honda Civic 91 Hatchback memang tidak pernah turun popularitasnya, baik itu di domestik maupun di luar negeri. Pasalnya dengan gaya hatchback dua pintu sudah mewakili gen sportcar, meski secara performa masih tergolong sedan biasa. Mesin B16A yang terbilang usang dikembangkan menjadi lebih modern berkat mesin K20A Type R yang cukup populer. Jose Del Villar mengilhami Civic Hatchback 91 ini diupgrade dengan part aftermarket Jepang membuat mobil idamannya makin powerfull dan di Amerika Serikat, kultur dan modifikasi JDM tumbuh subur beserta deretan sedan sport Jepang lainnya.

Inspirasi modifikasinya bisa datang dari berbagai angle modifikasi. Meski umur sasis sudah mencapai 30 tahun, itu artinya bagi Del Villar masih mempertahankan durabilitasnya untuk layak jalan. Dirinya mengakui bahwa Civic Hatchback adalah mobil yang pertama kali ia beli dari hasil keringatnya. Menggunakan Civic kembali bagi dia adalah mempensiunkan mesin B16A dari jalanan Amerika.

"Mempertahankan Civic Hatchback di zaman elektrifikasi sekarang ini, langkahnya dengan memberikan efisiensi lebih baik dan tenaga lebih besar. Mesin B16A sudah meledak dan waktunya mengumpulkan suku cadang JDM EF9 guna memperbaiki konversi interior dan eksterior," ungkap Del Villar.

Namun rupanya langkah Del Villar banyak menemukan jalan buntu. Sangat sulit di Amerika menemukan part OEM Jepang dari Civic Generasi ke-4 ini. Memburu part secara online pun cukup sulit, buktinya dia hampir menyerah, hingga akhirnya dia menemukan seorang partner Steve dari H-Motors Onine. Diskusi panjang dengan Steve melahirkan konversi setir kanan, dengan sentuhan JDM, hingga akhirnya dibongkar total.

Secara look, Civic milik Del Villar terkonversi menjadi Civic JDM daripada versi AS aslinya. Lihat saja spatbor depan, bemper, kap mesin, pintu, hatch, bemper belakang, dan wing semuanya diadopsi dari aftermarket Jepang. Yang menarik adalah bibir depan Chargespeed,   sayap belakang, dan satu set kaca spion samping Vision Technica. 

Tampilan warna lebih ngejreng, berkat mengadopsi warna Candy Apple Red dengan velg palang berwarna Golden Pearl bergaya JDM dan itu bukan warna popular di Amerika Serikat. "Banyak inspirasi dan ide saya diambil dari komunitas lowriders, karena saya tumbuh besar di sekitar mereka." Gaya fitment lowrider diganti dengan velg TE37 15x8 dan pilihan ban Toyo Proxes R888 yang gemuk benar-benar mewakili kaum lowrider dengan mesin yang kuat.

Pilihan interior juga memadukan dua culture JDM dengan USDM. Gaya jok racing dengan 2 Bride Zeta III Edition dikonversi di ruang kemudi depan. Sementara setir mengadopsi Mugen Racing III, dengan poros kemudi yang diperpanjang dengan part Checkerd Sports diproduksi di negara bagian. Bagian paling menyita waktu adalah menyediakan ruang mesin untuk K20 Type R. 

"Saya cukup bersyukur, kehadiran ayah saya membantu konversi mesin K20 Type R. Menurunkan mesin, membuat dudukan, mengelas dan memasang kembali mesin. Kemudian mengecat kembali, dan menciptakan kembali ruang mesin yang bersih, dengan kondisi sempit, bagaimana engine bay terkonversi dalam Civic Hatchback yang sudah berumur 30 tahun ini," jelas Del Villar.

Del Villar yang terpisah jauh dengan Steve H-Motor Online memanfaatkan komunikasi telelpon pintarnya. "Steve meyakinkan kami untuk membuang mesin seri-B dan menukar dengan seri-K agar sesuai dengan karakter penggerak RHD dan tampilan baru yang menjejali penuh ruang mesin." 

Mesin K20A Type R dan transmisi khusus K20A terpasang rapi dan Del Villar segera membuang manifold pabrikan serta menggantinya dengan gaya open filter 60mm Kinsler ITB yang banyak diadopsi untuk balap drag. 

Mesin K20A Type R, mengimplan header Skunk2, yang sudah dikustom 3-in, dengan knalpot Kakimoto Regu membuat gemuruh mesin makin gahar. Sektor pengaliran BBM mengandalkan injektor 1.000cc, yang dikendalikan oleh Hondata KPro Versi 4.  Tugasnya mengirimkan sinyal melalui harness mesin Rywire, menangani pengapian lebih optimal. 

Untuk mempermanis tampilan ala mobil drag, velocity ITB berlapis nikel dipasang berjajar segaris. Bagian finishing  hitam untuk swap, diimbangi dengan perangkat keras Downstar Inc. perak segar dan penutup katup abu-abu tanpa suara dengan aksesori Hybrid Racing untuk melengkapi tampilan.

Civic Hatchback telah mengalami perubahan modifikasi dengan part mahal. Hebatnya Civic Merah Candy ini tidak kehilangan karakter JDM meski terlahir sebagai versi USDM. Fitment lowrider berhasil berkat pemasangan coilovers Riaction, dengan sway bar bushing energy suspension. Tampilan kaki-kaki juga disokong oleh Hardrace camber arms dan Function7 lower control arms.

"Sekarang saya bisa menikmati mobil dan mengendarainya kemana-mana. Putri saya benar-benar menikmatinya. Kami berkeliling di akhir pekan dan juga membawanya keluar untuk berkendara di ngarai," tutup Del Villar.
 Sayang belum ada berapa tenaga yang dihasilkan oleh Civic paling keren ini, jika menurut spek pabrikan, mesin K20A Type R menghasilkan tenaga hingga 212 HP di rentang  putar @8000 rpm, sementara torsi yang dihasilkan 202Nm di putaran @7000rpm on engine.[Ahs/timBX]

OWNER: Jose Del Villar
INSTAGRAM: @delvee_ef9

ENGINE: K20A Type R swap; Hasport mounts; custom rear bracket; 60mm Kinsler ITBs, nickel-plated velocity stacks; Kakimoto Regu 06&r muffler, 3-in. piping; Skunk2 Mega Power header; Vibrant Performance vacuum box; 1-touch fittings, hoses; Karcepts A/C & power steering relocation kit; K-Tuned water neck; Hybrid Racing water heater block-off, oil cap, dipstick, fuel filter, fuel pressure regulator, fuel rail, fuel lines; AEM 340LPH e85 fuel pump; Grams 1000cc injectors; Rywire engine harness with quick-disconnect, tucked radiator w/AN lines; FEEL's Twin Cam radiator cap; Hondata KPro V4; Downstar Inc. hardware

DRIVETRAIN: K20A Type R transmission; Hybrid Racing shifter cables; Clutch Masters FX400 6-puck clutch; custom cable-to-hydro conversion; Wilwood clutch master cylinder; Hasport axles

SUSPENSION: Riaction coilovers; Energy Suspension sway bar bushing; Hardrace camber arms; Function7 lower control arms

BRAKES StopTech rotors; Hush Performance booster delete
WHEELS & TIRES: Volk Racing TE37 15x8 +35; Toyo Proxes R888 205/50

EXTERIOR: House of Kolors Candy Apple Red w/gold pearl; JDM EF9 front end conversion, wing, doors, rear bumper, hatch; J's Racing lip; Chargespeed wing; Vision Technica carbon fiber Type MC mirrors

INTERIOR: Bride Zeta III seats; PCI seat rails; EF9 rear seats, optional rear speaker pods, dash mat; Mugen pedals, Racing III suede steering wheel; Checkerd Sports hub; Hybrid Racing shifter box; Dimes shift knob; AEM oil pressure gauge

Tags :

#
honda civic hatchback,
#
modifikasi mobil,
#
honda k20a type r,
#
modifikasi usdm,
#
modifikasi jdm