MENU
icon label
image label
blacklogo

Generator Turbin Mikro Techrules Dikembangkan untuk Mobil Listrik

MAR 02, 2020@09:00 WIB | 148 Views

Techrules  menjadi perusahaan China yang mengembangkan teknologi tenaga mircro trubine, yang diadopsi dari jet tempur untuk supercar Ren. Meski pendekatan tersebut tidak terlalu mengejutkan, alias jauh dari lingkaran pecinta fanatik supercar. 

Akhir-akhir ini perusahaan telah mengembangkan mesin micro turbine menjadi 1300 hp sekaligus memperbesar kinerjanya. Impact yang ingin diberikan adalah mesin turbin ini menjadi generator tersendiri yang bakal dipasarkan untuk kendaraan komersial dan penumpang.  Dimulai dengan versi 45kW  untuk menyambungkan elektrikal mobil komersial, sebelum dikembangkan kembali sebagai teknologi mesin passenger car.

Supercar Ren dengan kontruksi tripple bubble canopy, teknologi laser pada headlamp, sirip belakang seperti pedang, enam motor elektrik dan dual turbin, menjadi mobil dengan kinerja paling aneh, mencapai 1284hp dan radius 2000 km dengan rata-rata 31.5mpg. Meski aneh secara kontruksi mobil, potensi terbesarnya adalah efisiensi, mikro turbin yang semakin serbaguna untuk kepentingan lebih humble dan market yang lebih terjangkau. 

Akhir Februari 2020 kemarin, menjadi langkah pertama menuju produksi untuk mesin komersial dengan generator micro turbine meski dalam skala lebih kecil. Pada Juni bulan depan, Techrules bakal memproduksi mesin dalam kapasitas nyata. Meski kapasitasnya diturunkan dari 80 kW pada supercar Ren, menjadi 45 kW untuk mobil komersial, digadang-gadang bakal menggantikan  generator disel, baik sebagai sistem tenaga untuk pendingin udara, penghangat di wilayah tertentu atau sebagai cadangan tenaga.

Generator Mikro Turbin ini menggunakan bahan bakar etanol, metanol atau biogas, untuk menghasilkan listrik. Panas yang dihasilkan generator bakal dimaksimalkan untuk energi termal, yang dimaksudkn Techrules untuk kepentingan kampus, rumah sakit, dan pangkalan militer. 

"Saat ini sedang berdiskusi dengan sejumlah pelanggan potensial di dalam dan luar China," tutur Matthew Jin, kepala teknologi Techrules. Dengan menjual mesin turbin 45 kW sebagai pembangkit listrik memungkinkan penjualan volume lebih besar bakal terwujud, kapasitas produksi kami sekitar 100 ribu unit. Kami berharap mulai memproduksi generator mikro turbin terbesar di dunia," lanjutnya.

Supercar Ren menjadi pemula sekaligus memproklamirkan dirinya sebagai produsen otomotif. Meski kita tahu, ranah bisnis dan teknologinya bisa dikembangkan ke berbagai kehidupan, salah satunya adalah generator 15 kW untuk electric passenger car.[Ahs/timBX]

Tags :

#
techrules,
#
micro turbin,
#
supercar ren,
#
generator micro turbine,
#
electric vehicle