MENU
icon label
image label
blacklogo

Gagahnya Honda CB650R Street Tracker Karya Kingston Custom

JAN 22, 2021@18:00 WIB | 1,002 Views

Honda CB650R memiliki banyak manfaat. Roadster kelas menengah mudah dikendarai dan dibuat dengan baik, serta dilengkapi dengan suspensi dan empat silinder segaris yang menghasilkan 94 tenaga kuda. Ia juga memiliki beberapa pipa knalpot terbaik dari semua stok showroom sepeda motor.

Dirk Oehlerking dari Kingston Custom baru-baru ini ditugaskan oleh Honda Jerman untuk merombak CB650R dalam bentuk Street Tracker.

Kami cenderung mengasosiasikan Dirk dengan rancangan high-end, show-quality seperti BMW boxer-nya dengan bodywork yang menyeluruh. Tapi dia adalah perancang yang sangat mudah beradaptasi dan juga bisa menghasilkan sepeda motor yang funky, menyenangkan, dan streetable.

Honda ingin mengeksplorasi potensi custom CB650R, jadi mereka tidak memberikan batasan untuk Dirk.

“Saya diberi kebebasan untuk desain,” kata Dirk. Tidak ada 'spesifikasi'. Dan ketika saya melihat motornya, saya tahu itu akan menjadi 'flat tracker untuk jalanan'.”

Dirk memulai dengan membongkar CB650R, memeriksa elemen-elemennya untuk melihat bagaimana ia dapat menerapkan ide desainnya dengan sebaik-baiknya tanpa mengganggu bagian 'teknologi' dari Honda.

Pekerjaan terbesar adalah bodywork baru. Dirk membuat tangki custom baru dengan berat hanya 6 kg (sekitar 13 pon). Ini terpasang dengan aman ke titik pemasangan hanya dengan empat sekrup.

Di bawahnya, Dirk menempatkan tangki bahan bakar aluminium yang berada di belakang filter udara asli, dibuat dari aluminium 2 mm. Tangki menggunakan titik pemasangan stok dan pompa.

Di atas filter udara, Dirk telah memposisikan ulang panel LCD multi-fungsi, membersihkan area bar dan menambah flat track vibe.

Rangka CB650R tidak memiliki overhang roda belakang dalam jumlah besar, tetapi Dirk tetap melakukannya untuk memastikan garis yang lebih rata dan tampilan yang lebih sporty. “Ketinggian joknya sama dengan aslinya, yaitu 810mm [31,9 inci],” catatnya. Jok baru ini mewah dan dilapisi microfiber hitam yang bergelombang dan kesat (tidak licin).

Untuk street bike, seorang perancang yang baik adalah mengetahui apa yang harus dimodifikasi dan apa yang harus dilepas. Dalam hal ini, Dirk membiarkan pipa knalpot yang megah tidak tersentuh— “asli dari Honda sangat rupawan” —dan juga setang dan kontrol, yang berkualitas baik dan sangat sesuai dengan posturnya.

Velgnya juga tersedia, hanya ban yang diganti dengan Pirelli MT60RS. (Berbicara dari pengalaman pribadi, ini sangat cocok dan Dirk jelas menyukainya juga.)

Untuk sentuhan akhir, Dirk telah menggunakan spatbor depan asli, ditempatkan di footpeg dari ABM, dan memilih lampu sein compact dan lampu belakang dari spesialis LED Shin Yo. (lampu depan adalah item universal-fit dari C-Racer). Dirk memilih warna cat dengan livery ala HRC (Honda Racing Corporation) klasik berwarna merah, biru dan putih.

Hasilnya adalah sebuah sepeda motor yang hanya ingin kami lompati dan kendarai. Dan mungkin tidak akan terlalu sulit bagi Honda untuk memproduksi sesuatu yang serupa. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
honda cb650r street tracker,
#
honda cb650r,
#
kingston custom,
#
motor custom