MENU
icon label
image label
blacklogo

First Ride All New Kawasaki Ninja 250

JAN 15, 2018@19:00 WIB | 393 Views

Walaupun merupakan salah satu pemain lama dalam memproduksi motor sport, namun Kawasaki selalu menjadi pusat perhatian banyak orang terutama bagi para pencinta motor sport. Hal ini disebabkan karena Kawasaki selalu menghadirkan motor-motor sport berkualitas dengan desain yang mantap dan mempunyai kapasitas mesin yang mumpuni.

Inilah yang hendak dibuktikan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dengan mengajak Blackxperience dengan para awak media nasional untuk menguji motor sport terbarunya All New Kawasaki Ninja 250 di sirkuit Sentul, Jawa Barat akhir pekan kemarin. Tak tanggung-tanggung, KMI pun turut mengajak sang juara dunia tiga kali WSBK, Jonathan Rea dari Kawasaki Racing Team turun ke sirkuit untuk menguji All New Ninja 250. Secara statistik, tulang punggung di kelas sport 250 cc ini dibekali bodi dan mesin yang benar-benar baru.

Desainnya begitu sporty, berkelas dan terlihat sangat menarik. Dengan demikian, dapat membuat orang yang naik dan mengendarai motor sport All New Kawasaki Ninja 250 ini jadi semakin terlihat gagah dan keren. Perubahan lain adalah sasis yang di desain menyerupai H2 dan swing-arm yang lebih ringan.

Jika dilihat dari segi tampilannya, dapat diketahui dengan mudah bahwa Kawasaki Ninja 250 ini merupakan motor sport sejati yang berkelas premium. Memang sangatlah pantas jika motor sport All New Ninja 250 ini dijejali dengan mesin berkapasitas tinggi sehingga tenaga dan daya pacunya menjadi lebih cepat dan gesit.

Bedanya dibanding versi lama pun cukup signifikan. Ninja 250 versi lama yang dijual sejak 2012, tenaga maksimal hanya 32 PS atau 31,7 hp di 11.000 rpm dan torsi maksimal 21,5 Nm di 10.000 rpm. Sementara All New Ninja 250 punya tenaga maksimal 39 PS atau 38,6 hp di 12.500 rpm dan torsi maksimal 23,5 Nm di 10.000 rpm.

Artinya jika dibandingkan ada perbedaan tenaga 6,9 hp. Sedang torsinya beda 2 Nm saja. Secara power to weight ratio tentu juga beda jauh, Ninja 250 baru 0,235 dk/kg untuk versi standar, sementara Ninja 250 lama 0,184 dk/kg. Jauh kan perbedaannya? Tak heran di lintasan lurus sirkuit Sentul, Blackxperience bisa memacu All New Ninja 250 hingga menyentuh 170 km/jam.

Mesinnya 100 persen baru, kini pakai throttle body down draft yang diameternya 32 mm, juga air box yang lebih besar, area kopling dilengkapi slipper clutch. Sebuah teknologi yang diadopsi dari ajang balap. Berguna untuk mengurangi efek back torque atau engine brake disaat menurunkan gigi secara cepat/mendadak dan membantu mencegah ban belakang mengunci atau selip.

Sehingga lebih mantap digunakan dengan kecepatan tinggi di lintasan lurus sirkuit Sentul sesaat sebelum mengerem memasuki tikungan S kecil yang terkenal buas. Dengan begitu, dapat dilihat dengan jelas bahwa motor pabrikan Jepang ini mempunyai tenaga dan daya pacu tinggi sehingga juga dapat digunakan sebagai motor balap.

Bahkan KMI menambahkan sebuah socket DC pada All New Ninja 250 yang bisa digunakan untuk charging handphone android atau apapun gadget anda. Ini menjadikannya satu-satunya di kelasnya yang memakai fitur sederhana namun sangat berguna seperti ini.

Bukan berarti Anda bisa sambil nge-charge smartphone sembari melesat di sikuit. Fitur ini dibuat bagi Anda pecinta touring, jadi hal ini sangat berguna sekali di saat smartphone anda tetiba kehabisan daya beterai. Sedangkan anda sangat butuh untuk membaca petunjuk jalan lewat GPS misalnya.

All New Kawasaki Ninja 250FI sendiri hadir dalam 3 varian warna standar, 2 varian SE dan 2 versi SE ABS. Harga All New Kawasaki Ninja 250 FI OTR adalah Rp 64.970.000,- untuk varian standar, Rp. 67.630.000,- untuk Special Edition dan Rp. 74.780.000,- untuk versi ABS SE-nya. [bil/timBX] 

Tags :

#
auto news,
#
kawasaki,
#
all new kawasaki ninja 250,
#
sport 250cc,
#
ninja 250