MENU
icon label
image label
blacklogo

First Drive: All New Chevrolet Colorado, Cocok Untuk Berbagai Gaya Hidup

SEP 28, 2017@17:00 WIB | 302 Views

Setelah diperkenalkan secara resmi di bulan April 2017 lalu, akhirnya pada 27 September 2017 kemarin, Chevrolet Indonesia memperbolehkan Blackxperience menjajal keandalan The All-New Chevrolet Colorado di track off road, Desa Pelangi, Sentul, Jawa Barat. Track off-road ini sengaja dipilih untuk menampilkan tangguhnya pick up double cabin keluaran terbaru Chevrolet ini dan mengajak kami menjajal fitur-fitur andal untuk menaklukan track tersebut.

Melihat tampilan, postur dan interiornya, sepertinya tak asing lagi buat saya. Sebab, dia begitu serupa dengan kakaknya, Trailblazer yang baru saja saya uji dalam rubrik Autoreview beberapa waktu lalu. Fasia depan yang khas dan sporty disertai dengan hood berotot untuk memberikan tampilan tangguh. Yang membedakan hanya sektor buritannya saja, karena dia adalah sebuah pickup.

Ada dua varian yang saja coba di trek off road ini. Grade yang paling tinggi adalah Colorado High Country dan Colorado LT menjadi lini grade paling bawah. Pertama saya coba masuk ke dalam kabin Colorado High Country. Satu kata: bagus! Impresi awal yang saya dapat juga banyak fitur-fitur yang saya jumpai pada kakaknya, dipinjam oleh Colorado. Sebut saja fitur infotainment unggulan, Chevrolet MyLink.

Sebagai varian flagship, Colorado High Country tampil lebih premium ketimbang Colorado LT karena memakai balutan interior genuine leather, serta fitur-fitur advanced technology seperti Variable Speed Electric Power Steering, serta Next Generation Advanced Smartphone Connectivity, dan Valet Mode.

Sepertinya varian Colorado High Country memang diciptakan untuk kebutuhan kaum hobbyist off road saja. Ini bisa dilihat dari jejeran fitur keselamatan aktif dan pasif yang terdepan di kelasnya, termasuk Forward Collision Alert (FCA), Lane Departure Warning (LDW), Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Panic Brake Assist (PBA), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Rolling Protection dan Trailer Sway Control.

Yang saya tak duga adalah saat ingin menyalakan mesinnya cukup dari kunci remote-nya. Praktis apalagi saat kondisi cuaca sedang panas-panasnya saat itu. Fitur yang dinamai Remote Engine Start & AC On ini bakal sekaligus menyalakan AC di dalam kabin agar saat saya masuk udara di dalamnya sudah dingin.

Lanjut saya tak sabar untuk menjajal kemampuannya di trek off road yang kala itu cukup berlumpur dan berbatu. Torsi maksimum 500 Nm dari mesin diesel 2.8L Duramax Turbo-diesel VGT yang dipadukan dengan transmisi 6-speed Automatic lebih dari cukup untuk menaklukkan medan di depan. Ketika kondisi lintasan semakin berlumpur, saya tinggal memindahkan mode 2WD ke 4WD semudah menyalakan AC. Ini berkat fitur Electronic Shift On-the-Fly (ESOF) yang diusungnya. Memang saat acara pengujian ini tidak ada objek yang bisa ditarik All New Colorado ini. Namun Chevrolet mengklaim dia memiliki towing capability hingga 3.5 ton. 

Puas mengekplorasi Colorado varian High Country, saya berpindah ke Colorado LT. seketika terlihat pickup ini dibuat Chevrolet untuk menjawab kebutuhan bisnis. Makanya, fitur yang diusungnya pun tidak sebanyak saudaranya. Mesinnya pun hanya dibekali mesin diesel 2.5 liter Duramax 4 silinder Fixed Geometry Turbo-Diesel (FGT) bertenaga 163 PS. Dikawinkan transmisi manual 6 percepatan. Meski begitu Colorado LT di medan yang sama begitu tangguh dan masih dapat diandalkan. Wajar, sebab pickup ini sudah dibekali Limited Slip Differential (LSD).

Akhirnya setelah mencoba kedua pickup terbaru dari Chevrolet ini, saya menyimpulkan All New Colorado selain punya desain menarik, dia juga punya performa mesin luar biasa, handling andal dan kemampuan off-road yang tangguh. Cocok untuk berbagai gaya hidup Anda. Untuk harganya sendiri, Chevrolet Indonesia membanderol varian 2.8 Double Cabin High Country AT 4x4 seharga Rp  523 juta sementara tipe 2.5 Double Cabin LT MT 4x4 seharga Rp 410 juta. [bil/timBX]

Tags :

#
all new chevrolet colorado,
#
blackauto,
#
autonews